Bangkai Penyu Hijau Ditemukan Terdampar di Pantai Pangumbahan Sukabumi

Chandra Iswinarno
Bangkai Penyu Hijau Ditemukan Terdampar di Pantai Pangumbahan Sukabumi
Seekor penyu hijau (Chelonia mydas) ditemukan mati di sekitar Pantai Pangumbahan, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Selasa (24/12/2019). [Sukabumi Update]

Penyu yang mati tersebut berjenis kelamin jantan dengan berat kurang lebih 75 kilogram.

SuaraJabar.id - Bangkai seekor penyu hijau (Chelonia mydas) kembali ditemukan terdampar di pantai yang berada di Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi pada Selasa (24/12/2019). Penemuan tersebut kali pertama dilihat oleh warga yang sedang memancing di sekitar Pantai Pangumbahan, Desa Pangumbahan sekitar pukul 17.00 WIB.

Staf konservasi penyu Pangumbahan Syaif mengemukakan hal tersebut kepada Sukabumiupdate.com-jaringan Suara.com pada Selasa (24/12/2019).

"Ditemukan oleh pemancing sekitar pukul 17.00 WIB di kawasan konservasi penyu Pangumbahan dalam keadaan mati," ujarnya.

Dikemukakannya, penyu yang mati tersebut berjenis kelamin jantan dengan berat kurang lebih 75 kilogram. Panjang penyu tersebut diketahui 140 centimeter dan lebar tempurung 85 centimeter. Diperkirakan penyu tersebut berusia 50 tahun.

"Bangkai penyu tersebut datang dari tengah laut, saat ditemukan sudah mulai bengkak, membusuk dan mengeluarkan bau menyengat, tidak ditemukan ada luka jadi penyebab kematian tidak diketahui. Bangkai penyu sudah dikubur di lokasi pesisir pantai, dekat dengan awal ditemukan," katanya.

Meski begitu, kejadian penyu hijau mati bukan hanya sekali terjadi. Sebelumnya seekor penyu jantan yang memiliki panjang tempurung 80 centimeter dengan lebar 60 centimeter juga ditemukan mati di pesisir Pantai Cibanteng, Kecamatan Ciracap pada Jumat (8/11/2019) silam.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS