alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menteri PUPR Terjunkan 13 Alat Berat Buka Jalan Karena Longsor di Sukajaya

Silfa Humairah Utami Senin, 06 Januari 2020 | 01:00 WIB

Menteri PUPR Terjunkan 13 Alat Berat Buka Jalan Karena Longsor di Sukajaya
Ilustrasi penanganan longsor. [Suara.com/ Teguh Lumbiria]

Ini target waktu Menteri PUPR buka jalan tertutup longsor di Sukajaya

SuaraJabar.id - Menteri PUPR Terjunkan 13 Alat Berat Buka Jalan Karena Longsor di Sukajaya

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menurunkan 13 alat berat untuk membuka akses jalan yang tertutup longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Hal tersebut bertujuan untuk mempercepat proses penyaluran logistik dan membuka akses warga desa yang masih terisolir karena tertutup longsor.

"Perintah Pak Presiden harus segera tembus dulu jalurnya, ini sudah ada 6 eskavator 1 loader dan 1 doser sangat kurang. Sore ini akan kita tambah 5 lagi," kata Basuki, kepada wartawan, Minggu (5/1/2020).

Baca Juga: Mendes: Dana Desa Boleh Dipakai untuk Biayai Tanggap Darurat Bencana

Untuk mempercepat proses pengerjaan, nantinya alat berat secara bergantian membersihkan jalur yang tertutup longsor hingga menembus desa terisolir.

"Jadi metodenya satu jalur ini tembus, alat berat langsung jalan ke sana (titik di depan) terus alat berat di belakangnya yang membersihkan. Jadi jalan terus metodenya, mungkin jadi lebih cepat," ungkapnya.

Dengan begitu, dalam sepekan ke depan jalur yang tertutup longsor di Kecamatan Sukajaya sepenuhnya diharapkan sudah dapat dilalui oleh kendaraan.

"Kalau seminggu sih saya kira sudah bisa tembus, tapi kan kalau bisa lebih cepat lebih baik. Karena ini ngedrop bantuan logistik pun dari helikopter dan itu tidak ada tempat buat helipad," tutup Basuki.

Kontributor : Rambiga

Baca Juga: Longsor Sukajaya karena Batuan Vulkanik Rapuh

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait