Teror Sunda Empire, Kesbangpol Bandung Singgung Harta Bung Karno

Pebriansyah Ariefana
Teror Sunda Empire, Kesbangpol Bandung Singgung Harta Bung Karno
Sunda Empire (ist)

Selain itu bisa juga harga sebuah kerayjaan Sunda.

SuaraJabar.id - Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bandung Imam Irianto meminta masyarakat untuk mewaspadai keberadaan kelompok Sunda Empire. Imam mengatakan, Sunda Empire mempunyai kemiripan dengan Kerajaan Agung Sejagat yang berpotensi mengarah kepada penipuan.

Motifnya, kata dia, mengklaim harta milik tokoh berpengaruh sebagai rujukan agar masyarakat percaya. Selain itu bisa juga harga sebuah kerayjaan Sunda.

"Motifnya hampir sama dengan Agung Sejagat, paham yang disebarkan itu biasanya ada harta Bung Karno atau harta kerajaan Sunda kuno yang tersimpan di negara atau bank tertentu," katanya di Bandung, Jumat (17/1/2020).

Kelompok yang menyebarkan paham-paham seperti harta Bung Karno, kata Imam, sudah sering muncul di masyarakat, namun selalu berganti nama.

"Namanya beda-beda, tapi background-nya itu-itu saja," ucapnya.

Dalam menyebarkan paham, biasanya yang menjadi sasaran adalah masyarakat menengah ke bawah. "Motifnya ekonomi, mereka mendekati warga menengah ke bawah, diberi PHP akan mendapat harta besar," ujarnya.

Namun sebelum mendapatkan harta, kelompok tersebut biasanya meminta sejumlah uang. Imam mengimbau, jika ada masyarakat yang diajak untuk masuk ke kelompok-kelompok seperti itu agar segera melapor kepada pihak terkait.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS