alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tahanan Kabur di PN Bandung, Kajari Bandung: Dia Memang Tidak Diborgol

Chandra Iswinarno Senin, 02 Maret 2020 | 17:19 WIB

Tahanan Kabur di PN Bandung, Kajari Bandung: Dia Memang Tidak Diborgol
Kepala Kejari Bandung Nurizal Nurdin. [Suara.com/Cesar Yudistira]

Kepala Kejari Bandung Nurizal Nurdin mengatakan, ada beberapa prosedur yang tidak sesuai dengan ketentuan, saat tahanan tersebut melarikan diri.

SuaraJabar.id - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung masih mencari keberadaan Serli Herawati, seorang tahanan yang melarikan diri sesaat sebelum menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, beberapa waktu lalu. Hingga kini, kejari masih melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut.

Meski begitu, Kepala Kejari Bandung Nurizal Nurdin mengatakan, ada beberapa prosedur yang tidak sesuai dengan ketentuan, saat tahanan tersebut melarikan diri.

"Dia memang tidak borgol, karena ada anak-anak yah. Psikologisnya kan gimana yah kalau ada anak-anak," kata Nurizal, saat ditemui di Kantor Kejari Bandung, Jalan Jakarta, Senin (2/3/2020).

Selain tidak diborgol, tahanan wanita itu juga tidak menggunakan rompi tahanan. Nurizal berkelit, saat kejadian rompi tahanan berada kendaraan tahanan pria.

Baca Juga: Ini Kronologis Kaburnya Tahanan Wanita Saat akan Sidang di PN Bandung

"Kalau rompi itu, karena ada mobil tahanan laki-laki. Jadi enggak (tidak pakai rompi)," katanya.

Disinggung mengenai cara tahanan tersebut melarikan diri, Nurizal menjelaskan suasana saat kejadian, PN Bandung tengah ramai pengunjung. Tahanan tersebut, lanjut Nurizal, memanfaatkan kondisi keramaian untuk melarikan diri.

"Tapi ini jadi pembelajaran lah yah. Ke depannya, pasti kita akan perketat. Itu pasti," katanya.

Sejauh ini, Nurizal belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut keberadaan Serli. Lantaran pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap Serli.

"Kita sudah menyebar semuanya, kita masih telusuri. Yang pasti kita upayakan itu kita pun ingin segera disidangkan dan tertangkap lagi," katanya.

Baca Juga: Tahanan Kejaksaan Kabur, Kejari Bandung: Sekarang Pencarian Dulu Deh

Sementara itu, Kasi Pidum Kejari Bandung Guntur Wibowo mengatakan kronologis kaburnya tahanan kawalan Kejaksaan itu. Dikemukakannya, petugas kejaksaan kala itu melakukan pengawalan tahanan dengan membawa 16 tahanan perempuan dan dua tahanan anak dari dalam mobil, menggunakan kendaraan mobil tahanan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait