Jawa Barat Mulai Tes Virus Corona ke Semua Warga yang Bukan Suspect

Pebriansyah Ariefana
Jawa Barat Mulai Tes Virus Corona ke Semua Warga yang Bukan Suspect
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Suara.com/Emi)

Warga Jawa Barat diminta waspada.

SuaraJabar.id - Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan langkah proaktif tes kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah pencegahan dan pemantauan terhadap Virus Corona atau Covid-19 kepada masyarakat.

Proaktif tes ini mulai dilakukan hari ini, Sabtu (14/3/2020). Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan proaktif tes ini dilakukan kepada warga masyarakat yang bukan pasien. Juga kepada warga yang pola aktifitasnya perlu diwaspadai.

“Hari Sabtu ini dimulai tes proaktif Covid-19 kepada mereka yang bukan pasien. Juga kepada mereka yang terlihat sehat dan tidak ada gejala namun perlu diwaspadai dari pola aktivitasnya,” ujar Ridwan Kamil dalam unggahan di akun instagram pribadinya @ridwankamil, Sabtu (14/3/2020)

Tes ini dimulai dari zona Tenaga Kerja Asing (TKA) dari luar negeri, para tenaga kesehatan yang merawat pasien, juga kepada masyarakat yang baru pulang dari negara terjangkit. Juga keluarga yang sudaj terpapar positif virus corona.

“Mereka yang baru pulang dari luar negari tertentu, dan mereka yang merupakan keluarga atau kluster dari yang sudah terpapar positif Covid-19,” ujar Ridwan Kamil

Testing proaktif dari Pemrov Jawa Barat ini, kata Ridwan untuk memastikan apakah virus corona juga beredar di masyarakat yang terlihat sehat. Ridwan mengungkapkan prosedur ini sudah sesuai dengan arahan Presiden.

“Prosedur ini sudah sesuai dengan arahan Presiden agar daerah diberi kesempatan untuk melakukan tes sendiri membantu Litbangkes pusat,” ujar Ridwan

Hasilnya kata Ridwan, akan memberikan kesimpulan untuk tindakan lebih lanjut dan rasional dan terukur terkait dengan virus corona atau Covid-19.

“Proaktif dan rasional adalah semangat Pemprov Jabar dalam merespon isu penanggulangan virus ini,” ujar Ridwan

Masalah ini kata Ridwan merupakan masalah bersama dan menjadi tanggung jawab bersama. Ridwan Kamil mengajak masyarakat untuk saling menguatkan.

“Mari saling menguatkan dan mendoakan,” kata Ridwan.

Kontributor : Emi La Palau

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS