Polisi Paksa Putar Balik Mobil yang Disesaki 15 Pemudik di GT Buah Batu

Chandra Iswinarno
Polisi Paksa Putar Balik Mobil yang Disesaki 15 Pemudik di GT Buah Batu
Petugas Kepolisian berjaga di Pos Penyekatan Jalur Mudik di Gerbang Tol Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (20/5). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Saat diperiksa, penumpang tersebut mengaku berencana pulang ke Sumedang, Garut dan Ciamis.

SuaraJabar.id - Kenekatan warga untuk mudik mendekati perayaan Idulfitri 1441 Hijriah yang jatuh pada Minggu (24/5/2020) makin menjadi. Kali ini petugas kepolisian yang berjaga di Gerbang Tol Buahbatu Kota Bandung memaksa putar balik satu mobil SUV berplat B pada Sabtu (23/5/2020).

Tak tanggung-tanggung, satu mobil tersebut diketahui ditumpangi 15 pemudik yang menyewanya bersama-sama.

Kanit Lantas Polsek Bandung Kidul AKP Fiekry Adi Perdana mengatakan, ketika pintu mobil dibuka terlihat ada 15 orang yang menumpangi mobil tersebut. Bahkan, jok depan di samping kursi sopir diisi dua orang. Saat diperiksa, penumpang tersebut mengaku berencana pulang ke Sumedang, Garut dan Ciamis.

"Kalau dari keterangan mereka itu pekerja proyek. Karena belakangan enggak ada pekerjaan, makanya milih pulang kampung dan sewa mobil barengan biar murah," ungkap Fierky seperti diberitakan Ayobandung.com-jaringan Suara.com pada Sabtu (23/5/2020).

Dia mengemukakan, pencegatan dan pemeriksaan mobil tersebut terjadi sekitar pukul 07.45 WIB. Sebelumnya, mobil tersebut telah sampai di Gerbang Tol Cileunyi, namun diminta putar balik karena ketahuan akan mudik. Tak habis akal, sang sopir mobil sewaan tersebut kemudian mencari gerbang tol lain dan keluar dari GT Buahbatu.

Meski dipaksa putar balik di Gerbang Tol Buah Batu, petugas yang melakukan pemeriksaan tidak mengetahui tujuan mobil tersebut selanjutnya.

"Tapi enggak tahu apakah mereka nanti coba lagi keluar dari GT Moh. Toha atau Kopo," ungkapnya.

Lebih lanjut, Fierky mengatakan, saat ini sudah cukup banyak kendaraan yang diminta untuk putar balik saat keluar di Bandung dan sekitarnya. Dia menyebut ada ratusan kendaraan yang telah terjaring pengamanan, mulai dari mobil travel hingga mobil pribadi.

“Untuk di GT Buahbatu itu di bawah 1.000 di atas 500 kendaraan. Alasan mereka mau mudik."

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS