Corona Jabar Melejit, Ridwan Kamil: Mayoritas Klaster Institusi Kenegaraan

Pebriansyah Ariefana
Corona Jabar Melejit, Ridwan Kamil: Mayoritas Klaster Institusi Kenegaraan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau pelaksanaan tes swab PCR pemain Persib di graha Persib, Jalan Sulanjana, Bandung, Jumat (3/7/2020). [Suara.com/Aminuddin]

Hanya saja Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak jelas institusi mana yang dimaksud.

SuaraJabar.id - Jawa Barat pecahkan rekor penambahan kasus yang terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 962 kasus Covid-19 dalam sehari pada 9 Juli 2020. Kebanyakan bersumber dari klaster institusi kenegaraan.

Hanya saja Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak jelas institusi mana yang dimaksud. Ridwan Kamil meminta masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol pencegahan Covid-19.

"Bewara (pengumuman). Jabar hari ini mengupdate 962 kasus yang mayoritas, datang dari klaster institusi kenegaraan. Karena berada di satu titik, secara teknis bisa dilokalisir dan memudahkan karantina. Gugustugas sedang lakukan tracing testing kepada keluarga dan warga di sekitar lokasi," ungkap Emil sapaan Ridwan Kamil dalam postingan melalui akun instagram pribadinya @ridwankamil, Kamis (9/7/2020).

"Mari semua warga jaga protokol covid dengan disiplin, di manapun kita berada, karena perang dengan covid ini masih jauh dari usai," lanjut Emil menambahkan.

Kasus positif Covid-19 di Indonesia kembali bertambah. Merujuk pada data Kamis (9/7/2020), tercatat ada 2.657 kasus positif baru yang terjadi di Indonesia.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan jumlah tersebut merujuk pada data hingga pukul 12.00 WIB. Sehingga, total pasien positif di Indonesia kekinan berjumlah 70.736 orang.

Penambahan kasus tertinggi pada hari ini terjadi di Provinsi Jawa Barat dengan rincian sebanyak 962 kasus baru. Sementara itu, dilaporkan jika angka kesembuhan di Jawa Barat bertambah 27 orang.

Yurianto mengatakan, penambahan kasus di Provinsi Jawa Barat ini berasal dari klaster pusat pendidikan sekolah calon perwira (Secapa) TNI Angkatan Darat di Bandung. Sebanyak 1.262 orang yang berasal dari cluster itu dinyatakan positif virus corona.

"Penambahan yang cukup banyak untuk provinsi Jawa Barat ini didapatkan dari cluster yang sudah selesai kita lakukan penyelidikan epidemiologi, sejak tanggal 29 Juni kemarin berturut-turut yaitu cluster di pusat pendidikan sekolah calon perwira TNI Angkatan Darat," kata dia di Gedung BNPB, Kamis sore.

"Yang kami dapatkan keseluruhan kasus positif dari cluster ini sebanyak 1.262 orang. Ini terdiri dari peserta didik dan beberapa tenaga pelatih yang ada di sana," tambahnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS