alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hari Guru Nasional, Google Tampilkan Doodle Tino Sidin

Ari Syahril Ramadhan Rabu, 25 November 2020 | 11:15 WIB

Hari Guru Nasional, Google Tampilkan Doodle Tino Sidin
Google Doodle Pak Tino Sidin

Merayakan ulang tahun ke-95 pria yang sering menggunakan topi baret itu, hari ini (25/11/2020) Google menampilkan Doodle bertema Tino Sidin.

SuaraJabar.id - Anak-anak yang tumbuh dan berkembang di medio 1980an pasti mengenal Tino Sidin, pelukis dan guru gambar yang sangat terkenal di era itu.

Merayakan ulang tahun ke-95 pria yang sering menggunakan topi baret itu, hari ini (25/11/2020) Google menampilkan Doodle bertema Tino Sidin.

Raksasa mesin pencari tersebut menggambarkan pria yang akrab disapa "Pak Tino" itu sosok yang penuh kasih. Nama Tino Sidin menjadi terkenal lewat acara televisi "Gemar Menggambar.", di mana dia mengajari anak-anak menggambar sekaligus mengasah kreativitas mereka.

"Pantas pula, tanggal 25 November juga di akui di Indonesia sebagai Hari Guru Nasional dalam rangka memperingati berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia pada tanggal tersebut pada tahun 1945," tulis Google.

Baca Juga: Hari Guru Nasional 2020, Ini 20 Ucapan hingga Doa untuk Guru

Tino Sidin lahir pada hari ini pada 1925 di Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Dia pertama kali mulai mengajar di kampung halamannya pada usia 20-an dan pada tahun 1960 dia pergi ke Yogyakarta untuk masuk ke Akademi Seni Indonesia (saat ini bernama Institut Seni Indonesia).

Pada 1969, "Gemar Menggambar" pertama kali ditayangkan di stasiun TV lokal TVRI Yogyakarta, dan pada 1979 acara menggambar tersebut ditayangkan secara nasional.

Pak Tino Sidin. (tamantinosidin.net)
Pak Tino Sidin. (tamantinosidin.net)

Setiap Minggu sore selama satu dekade, Pak Tino menghadirkan kegembiraan menggambar kepada anak-anak. Dia mendorong anak-anak untuk tidak takut membuat kesalahan saat menggambar dengan slogannya yang khas "Ya, bagus."

Di luar kamera, Tino Sidin menjadi seniman sukses dengan karya-karyanya yang terinspirasi dari kehidupan sehari-hari, salah satu lukisannya adalah Empat Anak Main, yang menggambarkan empat orang putrinya.

Pada 2017, sebuah museum didirikan di bekas kediaman Tino Sidin di Yogyakarta, mengabadikan warisan seniman pengajar itu.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Guru Nasional 2020, Dikirim via Whatsapp!

Google Doodle hari ini diilustrasikan oleh seniman berdarah campuran Indonesia-Amerika Shanti Rittgers. Tampak Pak Tino berada di balik televisi dengan kacamata dan topi baretnya yang khas, sambil mengatakan "Bagus!" kepada anak-anak yang tengah menggambar membentuk tulisan "Google."

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait