alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cuma Maradona yang Bisa, Ciptakan 2 Gol Spektakuler di Satu Laga

Ari Syahril Ramadhan Kamis, 26 November 2020 | 02:29 WIB

Cuma Maradona yang Bisa, Ciptakan 2 Gol Spektakuler di Satu Laga
Diego Maradona saat menjuarai Piala Dunia 1986 bersama Timnas Argentina di Meksiko. [Old file/STAFF / AFP]

Maradona dan rekan satu timnya kemudian melakukan selebrasi. Sedangkan Skuad Three Lions sibuk mengejar wasit Ali bin Nasser.

SuaraJabar.id - Dua gol yang dicetak Maradona dalam laga perempat final Piala Dunia 1986 kontra Inggris menjadi gol yang tak akan pernah bisa dilupakan.

Satu gol Maradona di menit 51 hingga saat ini masih diingat sebagai gol "Tangan Tuhan". Sedangkan gol kedua yang hanya berselang empat menit dari gol pertama secara resmi dinobatkan sebagai "gol abad ini".

Gol Tangan Tuhan bermula ketika Maradona melakukan penetrasi dari sisi kanan pertahanan Inggris. Begitu mendapatkan bola, Maradona langsung menusuk ke tengah jantung pertahanan lawan.

Ada tiga pemain Timnas Inggris yang ia lewati saat itu. Beberapa meter jelang kotak 16, Maradona memberikan umpan ke Jorge Valdano.

Baca Juga: Serangan Jantung, Diego Maradona Tutup Usia

Umpan Maradona berhasil diintersep Steve Hodge yang menempel ketat Jorge Valdano. Namun hadangan Steve Hodge justru membuat bola mengarah tepat ke depan mulut gawang.

Maradona yang bergerak maju ke depan mulut gawang usai melepas umpan kemudian dengan sigap melompat menyundul bola. Jala gawang Inggris pun bergetar. Peter Shilton yang memiliki tinggi lebih dari satu jengkal di atas Maradona tak mampu menghadang bola.

Maradona dan rekan satu timnya kemudian melakukan selebrasi. Sedangkan Skuad Three Lions sibuk mengejar wasit Ali bin Nasser karena merasa ada pelanggaran yang dilakukan Maradona sebelum mencetak gol.

Ali bin Nasser tetap mengesahkan gol itu. Usai laga, Maradona kemudian berkomentar mengenai gol itu.

"Itu pasti tangan Tuhan," kata Diego Maradona.

Baca Juga: Cetak Gol Perdana bagi Brasil Saat Kalahkan Uruguay, Begini Komentar Arthur

Gol kedua Maradona di laga itu tercipta setelah ia melakukan penetrasi dari tengah lapang. Menyisir sisi kiri pertahanan Inggris, empat pemain Three Lions tak mampu menghalau laju The Golden Boy. Peter Shilton pun kembali memungut bola dari gawangnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait