alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Vaksin Covid-19 Hampir Jadi, Siapa yang Pertama Kali Dapat?

Bimo Aria Fundrika Rabu, 02 Desember 2020 | 19:10 WIB

Vaksin Covid-19 Hampir Jadi, Siapa yang Pertama Kali Dapat?
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)

Sebanyak 15 anggota Komite Penasihat tentang Praktik Imunisasi memberikan suara untuk merekomendasikan pemberian prioritas kepada dua kelompok.

SuaraJabar.id - Kehadiran vaksin Covid-19 yang efektif nampaknya tidak lagi membutuhkan waktu yang lama. Beberapa kandidat vaksin, kini tengah dalam proses akhir.

Tentunya situasi itu membuat banyak orang bertanya-tanya, siapa yang akan mendapatkan vaksin pertama kali. Menurut panel ahli medis yang menasihati Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, Petugas kesehatan dan penghuni fasilitas perawatan jangka panjang harus menjadi yang pertama dalam antrean untuk mendapatkan vaksin virus corona.

Sebanyak 15 anggota Komite Penasihat tentang Praktik Imunisasi memberikan suara untuk merekomendasikan pemberian prioritas kepada dua kelompok - yang mencakup sekitar 23 juta orang Amerika.

Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)

Peluncuran vaksin diharapkan dimulai pada pertengahan hingga akhir Desember. Menurut perkiraan saat ini, tidak lebih dari 20 juta dosis kedua vaksin dari pembuat obat Moderna dan Pfizer akan tersedia pada akhir tahun 2020, yang berarti suntikan harus dijatah pada tahap awal.

Baca Juga: Relawan India Mengaku Alami Efek Samping Serius dari Vaksin AstraZeneca

ACIP, yang didirikan pada tahun 1964, memberikan rekomendasi kepada direktur CDC, yang hampir selalu menyetujuinya. Nasihat panel telah diperhatikan secara luas oleh para dokter selama bertahun-tahun.

Namun, rekomendasi tersebut tidak mengikat dan otoritas negara akan dapat memutuskan apakah akan mengikuti panduan tersebut.

Pemungutan suara tersebut dilakukan sehari setelah Moderna meminta izin darurat dari Food and Drug Administration untuk vaksin Covid-19.

FDA akan bertemu pada 17 Desember untuk mempertimbangkan aplikasi dari Moderna.

Mereka juga akan bersidang pada 10 Desember untuk membahas aplikasi dari Pfizer untuk vaksinnya.

Baca Juga: Ruang Penyimpanan Vaksin Covid-19 di RSUD Kabupaten Tangerang

Panel penasihat akan bertemu di kemudian hari untuk memutuskan siapa yang harus mengantre berikutnya untuk pertunjukan - dengan kemungkinan termasuk guru, petugas polisi, pemadam kebakaran, pekerja penting lainnya dan orang-orang dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya. tersedia secara luas hingga musim semi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait