facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jangan sampai Salah Urut, Mak Erot yang Asli Ada di Sini

Ari Syahril Ramadhan Senin, 01 Februari 2021 | 11:02 WIB

Jangan sampai Salah Urut, Mak Erot yang Asli Ada di Sini
Umi Aenah (kanan) anak ke-6 almarhumah Mak Erot bersama M.Otong (kiri) cucu Mak Erot. Keturunan Mak Erot mempertanyakan rencana Terawan Agus Putranto saat menjabat menteri soal wisata kesehatan kebugaran. [Foto: Sukabumiupdate]

Padahal, belum tentu orang yang menggunakan brand Mak Erot itu memiliki metode yang sama atau mewarisi ilmu pengobatan dari Mak Erot.

SuaraJabar.id - Ketenaran Mak Erot dalam praktek pengobatan tradisional pijat alat vital membuat ada pihak dengan jasa serupa yang menggunakan namanya untuk menarik pelanggan.

Padahal, belum tentu orang yang menggunakan brand Mak Erot itu memiliki metode yang sama atau mewarisi ilmu pengobatan dari Mak Erot.

Dari keterangan keluarga, Mak Erot hanya mewariskan ilmu pijat membesarkan alat vital pria pada keturunannya saja.

Hal ini diungkapkan Umi Hj Aenah (60 tahun), yang merupakan anak keenam dari dari tujuh bersaudara keturunan almarhumah Mak Erot. Menurutnya, semua anak-anak almarhumah mewarisi ilmu pijat pengobatan tradisional alat vital.

Baca Juga: Nah! Keturunan Mak Erot Tagih Janji Eks Menkes Terawan, Soal Apa?

"Semuanya mulai dari H Abad, Hj Abu Khodijah, H Mista, yang sudah almarhum. Sementara yang masih ada dan membuka praktik Pengobatan Alternatif alat vital yaitu H Tobi, H uyak, H Nahrudin, dan saya sendiri Hj Aenah dibantu anak anak saya HM Otong," kata Mak Aenah kepada Sukabumiupdate.com-jejaring Suara.com, Minggu (31/1/2021).

Ia menjelaskan, dari masing-masing anak keturunan almarhumah Mak Erot, semuanya memiliki anak kembali, sehingga untuk mempertahankan pengobatan tradisional pijat alat vital tersebut sebagai warisan, semua cucu Mak Erot juga bisa melakukan pengobatan pijat alat vital.

"Alhamdulillah hampir semua, cucu almarhum Mak Erot membuka praktik Pengobatan Alternatif alat vital ini termasuk HM Otong, anak saya. Semuanya sudah tahu prosedur dan cara-cara pengobatan," jelasnya.

Mak Aenah pun mengakui kini banyak yang mengatasanamakan Pengobatan Alternatif alat vital Mak Erot. Namun ia memastikan yang asli ada di Kampung Cigadog dan sudah memiliki hak paten.

"Saya buka praktik di rumah, nah anak saya mewarisi juga dan membuka praktek di Kota Medan di Jalan Laksana dan di Jakarta Pusat atas nama Haji Saepulloh kakaknya HM Otong. Dia (H Saepulloh) anak pertama saya, sekarang dia lagi di Jakarta, saya juga ikut kemarin dua hari ini juga baru pulang," sambungnya.

Baca Juga: Suara Gemuruh Misterius Terekam Sensos Seismik, Ini Penjelasan BMKG

Sementara itu, HM Totong, cucu almarhuman Mak Erot menyebut, proses pengobatan alternatif alat vital pada prinsipnya sama, namun ada hal yang berbeda pengobatan yang dilakukan keturunan almarhumah Mak Erot.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait