alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Stop Press! Hilal Awal Ramadhan 1442 H Terlihat di Palabuhanratu

Ari Syahril Ramadhan Senin, 12 April 2021 | 18:31 WIB

Stop Press! Hilal Awal Ramadhan 1442 H Terlihat di Palabuhanratu
ILUSTRASI. Tim pemantau hilal [Antara]

"Untuk di Pos Observasi Bulan (POB) Cibeas Pelabuhanratu, posisi hilal saat terbenamnya matahari pada posisi 3,59 derajat dengan umur bulan 8 jam 23 menit, 12 detik," katanya

SuaraJabar.id - Pos Observasi Bulan (POB) Cibeas Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi melihat hilal awal Ramadhan 1442 Hijriah saat matahari terbenam, Senin (12/4/2021).

Hal ini disampaikan anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya dalam siaran langsung di channel Youtube Kementerian Agama Republik Indonesia.

"Untuk di Pos Observasi Bulan (POB) Cibeas Pelabuhan Ratu, posisi hilal saat terbenamnya matahari pada posisi 3,59 derajat dengan umur bulan 8 jam 23 menit, 12 detik," kata Cecep.

Hilal awal Ramadhan 1442 H pada hari ini kata Cecep, sudah memenuhi kriteria visibilitas hilal yang ditetapkan MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Yaitu, tinggi hilal minimal 2 derajat, elongasi bulan ke Matahari minimal 3 derajat atau umur hilal minimal 8 jam.

Baca Juga: Hotel Lpp Convention Yogyakarta Tawarkan Sensasi Buka Puasa Seru dan Murah

Selain di Palabuhan Ratu, pemantauan juga dilakukan di 84 titik dari 34 provinsi di Indonesia.

Kendati demikian kata Cecep, hasil keputusan tersebut masih bersifat informatif dan masih menunggu hasil sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil.

Adapun hasil sidang isbat akan diumumkan pada pukul 19.30 WIB.

Isbat diketahui merupakan penggabungan antara konfirmasi hasil rukyat dengan informasi hasil hisab yang tertera dalam Taqwim standar Indonesia.

"Sifatnya masih harus diuji, masih informatif dikonfirmasikan dengan isbat makanya dalam Taqwim standar awal Ramadhan Syawal dan Dzulhijjah menunggu kepastian hasil sidang isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama Republik Indonesia," katanya.

Baca Juga: Hilal Tak Terlihat di Makassar, Selasa Besok Jadi Puasa?

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait