alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bisa Bikin Cepat Haus, Bolehkah Minum Kopi saat Sahur?

Ari Syahril Ramadhan Jum'at, 16 April 2021 | 04:24 WIB

Bisa Bikin Cepat Haus, Bolehkah Minum Kopi saat Sahur?
ILUSTRASI minum kopi.

Saat puasa Ramadhan, sebagian orang mungkin memilih untuk meminum kopi mereka di saat sahur.

SuaraJabar.id - Beberapa dokter dan ahli gizi menyarankan untuk tidakminum kopi di waktu sahur. Alasan nya, kopi dapat membuat orang yang meminumnya menjadi cepat merasa haus. Benarkah?

dokter spesialis gizi klinik dari RS Pondok Indah Jalarta dr Tirta Prawita Sari MSc SpGK mengatakan, konsumsi kopi dapat memberikan efek diureis di mana produksi urin mengalami peningkatan. Efek diuresis ini merupakan efek samping dari mengonsumsi kafein pada kopi.

"Jika tidak perlu benar minum kopi, maka tidak perlu minum kopi saat sahur," kata dia, Kamis (15/4/2021).

Efek diuresis ini sangat mungkin terjadi ketika seseorang meminum kopi di saat sahur. Dampak ini perlu diperhatikan dengan baik saat menjalani ibadah puasa karena efek diuresis dapat memicu terjadinya dehidrasi.

Baca Juga: Cara Ajarkan Anak Puasa Ramadhan, Mudah Dilakukan Umi dan Abi

Namun bagaimana dengan orang-orang yang terbiasa minum kopi sebagai pembuka hari?

Ada banyak orang yang terbiasa memulai hari dengan menyeruput kopi sebelum beraktivitas. Namun di saat puasa Ramadhan, sebagian orang mungkin memilih untuk meminum kopi mereka di saat sahur.

"Namun tentu tergantung juga dari jumlah kopi dan jenisnya," jelas dr Tirta.

"Namun sekali lagi, tidak semua orang akan mengalami keadaan ini," lanjutnya.

Bila sudah terbiasa dan tak mengalami masalah setelah minum kopi, maka minum kopi di saat sahur dapat dicoba. Masalah yang dimaksud bisa berupa masalah pada perut, lambung, atau dehidrasi.

Baca Juga: Agar Imun Tubuh Tetap Terjaga Saat Ramadhan, Ini Cara Memilih Nutrisi

Akan tetapi, dr Tirta menyarankan agar jumlah kopi dikurangi. Misalnya, orang-orang yang terbiasa menggunakan kopi bubuk sebanyak dua sendok teh bisa menguranginya menjadi satu sendok teh saja.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait