alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mirip Kisah Candi Prambanan, Masjid Kuno Bondan Diyakini Dibangun Semalaman

Chandra Iswinarno Senin, 19 April 2021 | 17:18 WIB

Mirip Kisah Candi Prambanan, Masjid Kuno Bondan Diyakini Dibangun Semalaman
Masjid Kuno Bondan diyakini dibangun dalam waktu semalam dan usianya lebih tua dari Kota Cirebon dan Indramayu.(Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

Masjid Kuno Bondan yang berada di Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu dipercaya dibuat dalam waktu semalam, mirip kisah Candi Prambanan.

SuaraJabar.id - Nusantara di masa kini memiliki ratusan ribu masjid dengan berbagai corak dan bentuk yang unik. Pun selain itu memiliki kisah-kisah menarik di balik pembuatannya. Salah satunya Masjid Kuno Bondan yang berada di Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Konon menurut hikayat, masjid tersebut dipercaya dibuat dalam waktu semalam, mirip kisah Candi Prambanan.

Tak hanya itu, dari informasi yang beredar, masjid tersebut berdiri sebelum adanya Kota Cirebon dan Indramayu. Saat mengunjungi masjid tersebut, bagiannya hanya memiliki dua bagian, yakni teras yang merupakan bangunan baru hasil renovasi serta bagian utama masjid.

Untuk bagian utama masjid, terbuat dari kayu jati, baik atap, dinding, hingga lantainya. Pun keunikan bagian utama masjid ini berbentuk panggung setinggi sekitar 50 sentimeter. Bagian masjid merupakan bagian yang masih asli sejak dibangun pada tahun 1414 Masehi.

Ukurannya cukup kecil, yakni hanya 9x9 meter. Sementara pada sisi kiri kanan dindingnya terdapat beberapa jendela sederhana berbentuk kotak dengan bagian sisi atasnya yang melengkung. Sementara di bagian depan masjid, terdapat sebuah jendela kecil yang berbentuk bintang.

Baca Juga: Ini Kisah Sultan Hadirin dan Masjid Wali Loram di Kabupaten Kudus

Selain itu, bagian utama ini mempunyai atap berbentuk limasan khas masjid kuno di Indonesia. Sementara bagian tengahnya terdapat semacam menara kecil berbentuk seperti ornamen kendi.

Juru Pelihara Masjid Kuno Bondan, Nudiyalis Sholat (26) mengatakan, masjid unik tersebut mempunyai banyak sebutan. Salah satunya Masjid Sapu Angin, karena terletak di Jalan Sapu Angin. Selain itu, masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Darus Sajidin Bondan Barat.

Dia menjelaskan, jika masjid tersebut dibangun Syekh Datul Kahfi atau yang familiar dikenal sebagai Syekh Nurjati pada tahun 1414 Masehi di bantaran Sungai Cimanuk.

Nudiyalis mengisahkan, masjid tersebut dibangun ketika wilayah Cirebon dan Indramayu belum terbentuk. Pasalnya, wilayah Cirebon atau Kesultanan Cirebon baru terbentuk pada tahun 1482 Masehi, yang sampai sekarang kerap diperingati sebagai Hari Jadi Kabupaten Cirebon.

Sementara Indramayu pada tahun 1527 yang hingga kini kerap diperingati sebagai Hari Jadi Kabupaten Indramayu.

Baca Juga: Masjid di Kota Kendari Ini Mirip Masjid Al Aqsa Palestina

"Sebelum ada Cirebon dan Indramayu, masjid ini sudah berdiri. Karena Syekh Datul Kahfi sendiri merupakan guru dari Pangeran Cakrabuana dan Sunan Gunung Jati, tokoh pendiri Cirebon," jelasnya kepada TIMES Indonesia-jaringan Suara.com pada Senin (19/4/2021).

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait