alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Gambar Bumi Datar di Soal Ujian SD, Disdik Panggil Sekolah

Ari Syahril Ramadhan Jum'at, 07 Mei 2021 | 03:53 WIB

Viral Gambar Bumi Datar di Soal Ujian SD, Disdik Panggil Sekolah
Gambar bumi datar di soal ujian SD swasta di Kota Cimahi.

Kejadian tersebut murni kesalahan dari pihak sekolah dan tim penyusun soal ujian sekolah, dan tidak ada kaitannya dengan Kemendikbud-Ristek.

SuaraJabar.id - Soal ujian sekolah dasar yang memuat gambar bumi datar viral di media sosial. Dalam soal tersebut, semua planet digambarkan bulat, terkecuali bumi yang digambarkan datar.

Soal itu diketahui berasal dari salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kota Cimahi. Hal tersebut diketahui dari unggahan twitter @BudiMamo, dan di-mention langsung ke Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-ristek) Nadiem Makarim.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Harjono membenarkan kejadian tersebut. Soal yang memuat gambar bumi datar itu tercantum dalam soal Ujian Sekolah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di salah satu SD swasta.

"Saya dapat informasi itu di sekolah swasta. Sudah saya panggil dari pihak sekolah dan guru yang bersangkutan," kata Harjono saat dihubungi Suara.com, Kamis (6/5/2021).

Baca Juga: Ceramah Dai Cilik: Benci Habib Rizieq Berhadapan Dengan Seluruh Umat Islam

Berdasarkan penjelasan dari pihak sekolah dan guru, ungkap Harjono, soal tersebut disusun tim penyusun soal guru kelas VI. Setelah melalui proses editing, soal tersebut diunggah melalui Google Form, sebab proses ujian sekolah dilakukan secara daring.

Gambar bumi datar tersebut diambil guru dari google. Namun, tegas Harjono, tidak ada maksud dari tim penyusun soal, khususnya guru yang bersangkutan untuk mengajarkan bumi itu datar.

"Tidak ada maksud mengatakan bumi datar, karena pelajaran yang saya (guru) berikan pun bumi bulat. Ilustarsi gambar itu diambil menurut dia yang paling bagus, warna-warni," jelas Harjono.

Jadi, tegas dia, kejadian tersebut murni kesalahan dari pihak sekolah dan tim penyusun soal ujian sekolah, dan tidak ada kaitannya dengan Kemendikbud-Ristek. Sebab, sesuai ketentuan soal ujian sekolah dibuat sekolah masing-masing.

"Guru sudah mengatakan, pak itu salah saya, tapi saya tidak sampai berpikiran bumi itu datar. Saya sudah perintahkan pihak sekolah untuk memberikan keterangan resmi," ungkapnya.

Baca Juga: Viral 2 Pria Diduga Palak Sopir Truk di Cakung, Endingnya Minta Maaf

Kontributor : Ferrye Bangkit Rizki

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait