alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

H-1 Lebaran, Jalur Gentong Diserbu Ribuan Kendaraan Pemudik

Ari Syahril Ramadhan Rabu, 12 Mei 2021 | 13:22 WIB

H-1 Lebaran, Jalur Gentong Diserbu Ribuan Kendaraan Pemudik
ILUSTRASI. Petugas menghalau sejumlah pemudik motor yang melawan arah untuk menghindari posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). [ANTARA/Fakhri Hermansyah]

Kendaraan-kendaraan yang berdomisili di Tasikmalaya berpelat Z diperbolehkan untuk melintas.

SuaraJabar.id - Terjadi peningkatan arus kendaraan yang cukup signifikan di Jalur Gentong, Tasikmalaya pada H-1 Lebaran, Rabu (12/5/2021). Arus kendaraan didominasi kendaraandaro arah Bandung menuju Tasikmalaya.

Dari pemantauan di Pos Penyekatan Lingkar Gentong, peningkatan arus kendaraan roda dua dan roda empat ini sudah terpantau sejak Selasa (11/5/2021) malam hingga dini hari tadi.

"Hasil pemantauan di Pos Penyekatan Lingkar Gentong terlihat ada peningkatan arus kendaraan yang cukup signofikan, di mana kendaraan roda 2 dan roda 4 membludak," ujar Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan, Rabu (12/5/2021).

Menurutnya, kendaraan yang melintas didominasi oleh kendaraan berpelat B dari Jakarta dan Jawa Tengah.

Baca Juga: Pemudik Jakarta Masuk Bandung Barat Positif COVID-19

"Kita konsisten untuk melakukan penyekatan dan memutarbalikkan kendaraan yang memang tidak diberikan pengecualiaan untuk mudik," ucapnya.

Ia menuuturkann penyekatan kendaraan pemudik dibantu oleh unsur TNI dan dinas terkait lainnya. Penyekatan dilakukan secara selektif dan prioritas. Artinya kalau kendaraan-kendaraan yang berdomisili di Tasikmalaya berpelat Z diperbolehkan untuk melintas.

"Kalau tidak memenuhi ketentuan pengecualiaan yang diperbolehkan mudik, kita putarbalikkan," ungkapnya.

Doni menambahkan, pihaknya juga memeriksa identitas kendaraan karena cukup banyak juga kendaraan yang memang diperlakukan khusus seperti ada 2 kendaraan yang di dalamnya terdapat para pekerja informal.

"Semuanya kita lakukan tes rapid dan hasilnya negatif sehingga diperbolehkan melintas," kata dia.

Baca Juga: Bak Kuburan, Stasiun Gambir Sepi dari Pemudik

"Kita juga perbolehkan kendaraan berpelat Z di luar wilayah Tasikmalaya melintas karena memang nantinya akan disekat juga oleh polres-polres lain seperti di Ciamis atau Kota Banjar," tambah Doni.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait