alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mau Punya Rumah? Berikut Momen Tepat Ajukan KPR

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah Jum'at, 28 Mei 2021 | 09:00 WIB

Mau Punya Rumah? Berikut Momen Tepat Ajukan  KPR
Ilustrasi rumah. (Envato)

Umumnya rasio cicilan yang disetujui adalah 30% dari gaji.

SuaraJabar.id - Siapapun pasti ingin punya rumah, meski harus membelinya lewat skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Angsuran dibayar setiap bulan, berikut bunganya. Sebab, bagi sebagian besar masyarakat, memiliki rumah sendiri adalah salah satu bentuk pencapaian.

Sayangnya, semakin melejitnya harga rumah membuat keinginan memiliki rumah impian hanya menjadi sebatas angan atau mimpi. Pertimbangan lain biasanya berkaca dari pengalaman teman-teman sekitar yang mengalami cicilan kredit macet karena tak sanggup membayar lagi. Sehingga harus menanggung konsekuensi pahit.

Maka dari itu, Anda perlu memilih momen yang tepat ketika ingin mengajukan KPR. Sebab, ini akan memberikan banyak keuntungan dan kemudahan. Nah, bagi Anda yang ingin segera memiliki rumah penting sekali untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini untuk mengetahui kapan waktu yang pas untuk mulai mengurus KPR.

1. Dokumen Lengkap

Baca Juga: Sinergi BPJamsostek dengan Bank Mandiri Permudah PMI di Malaysia Bayar Iuran

Penuhi persyaratan dokumen yang diminta oleh pihak Bank penyedia KPR. Memiliki kartu identias yang lengkap dan jelas. Jika Anda seorang karyawan perusahaan swasta, pastikan telah memiliki status tetap untuk mempermudah lolos administrasi. Sebaliknya jika Anda berwiraswasta, maka memiliki surat keterangan bahwa usaha Anda telah berjalan 2 tahun atau lebih akan mempermudah lolos administrasi.

2. Penghasilan Lebih dari Cukup

Sebelum mengajukan KPR, pastikan Anda telah memiliki penghasilan yang lebih dari cukup.  Karena umumnya rasio cicilan KPR yang disetujui tidak melebihi 30 persen penghasilan Anda.  Misalnya penghasilan Anda Rp10 Juta per bulan, maka cicilan KPR-nya sekitar Rp3 juta  per bulan.

3. Promo Properti dan Bank

Setelah syarat satu dan dua bisa Anda penuhi, waktu yang pas untuk mengajukan KPR adalah ketika ada promo properti dari Bank penyedia KPR. Di sini Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan mulai dari potongan harga rumah dan Suku Bunga Spesial, serta kemudahan dalam approval KPR.

Baca Juga: Mencicil KPR di Bank Mandiri, Ini Sejumlah Keuntungan yang Bisa Didapatkan

Dalam memilih bank penyedia KPR Anda juga tidak boleh sembarangan. Karena ini berkaitan dengan pihak lain yang menyimpan surat-surat berharga dari Rumah yang Anda beli, pastikan bank penyedia KPR adalah bank terkemuka yang berpengalaman mengelola urusan finansial.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait