alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Usai Susu Beruang, Kini Kelapa Hijau yang Diburu Warga

Ari Syahril Ramadhan Rabu, 07 Juli 2021 | 09:26 WIB

Usai Susu Beruang, Kini Kelapa Hijau yang Diburu Warga
ILUSTRASI-penjual kelapa. Kekinian, kelapahijau mulai diburu warga karena dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. [ANTARA]

Penjual kelapa hijau hanya butuh waktu dua hari untuk menghabiskan ratusan butir kelapa.

SuaraJabar.id - Pedagang kelapa hijau kebanjiran permintaan seiring adanya informasi bahwa air kelapa bisa membantu penyembuhan COVID-19. Ratusan kelapa hijau pun bisa habis hanya dalam dua hari.

Seperti yang dialami Untung (39), salah seorang penjual kelapa di Kota Cimahi. Dirinya mengaku sejak kasus COVID-19 kembali meningkat, penjualan kelapa hijau miliknya pun ikut naik.

"Naiknya sih mulai kelihatan sejak Idul Fitri. Tapi makin ke sini makin banyak yang nyari," ujar Untung kepada Suara.com, Selasa (6/7/2021).

Sebelumnya, terang Untung, untuk menjual sekitar 150 butir kepala hijau butuh waktu sekitar sepekan. Namun belakangan ini hanya butuh sekitar dua hari untuk menjual habis ratusan butuh kelapa.

Baca Juga: 3 Daerah di Lampung Zona Merah COVID-19, Ini Langkah Pemprov Lampung

"Sekarang banyak yang nyari itu kelapa butiran sama kelapa hijau. Naiknya memang sampai 2 kali lipat," ujarnya.

Untung menjual kepalanya dengan harga Rp 8.000 per butir. Artinya jika hanya dalam dua hari bisa terjual 150 butir, ia bisa mendapatkan sekitar Rp 1.200.000.

"Yang nyari ke sini katanya buat obat. Saya ambil kelapanya dari Tasik," ucap Untung.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Cimahi, Zakaria Anshori mengatakan, air kelapa mengandung elektrolit yang cukup tinggi.

Air kelapa kaya akan kandungan kalium dan sodium yang merupakan salah satu senyawa pembentuk elektrolit.

Baca Juga: Protes Pemerintah Tak Becus Tangani Covid-19, Warga Malaysia Kibarkan Bendera Hitam

Kandungan tersebut bisa mengembalikan daya tahan tubuh yang menurun akibat kekurangan cairan (dehidrasi). Di air kelapa itu banyak mengandung elektrolit tinggi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait