alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Miris! Calon Bintara Polri dari Keluarga Miskin Dinyatakan Lulus, Tapi Diganti Orang Lain

Chandra Iswinarno Jum'at, 30 Juli 2021 | 13:09 WIB

Miris! Calon Bintara Polri dari Keluarga Miskin Dinyatakan Lulus, Tapi Diganti Orang Lain
Video permohonan terkait Rafael Malalangi yang namanya dicoret dari daftar calon Bintara Polri 2021. [akun Facebook Christofel Tumalun]

Rafael Malalangi kecewa, pasalnya dia dicoret dari nama yang lulus calon Bintara Polri 2021. Padahal sebelumnya namanya tertera dalam pengumuman live streaming.

SuaraJabar.id - Hancur betul hati Rafael Malalangi, pemuda dan keluarganya yang tinggal di Desa Pinapalangkow Kecamatan Suluun Tareran, Kabupaten Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang gagal menjadi bintara polisi tahun angkatan 2021.

Mirisnya, kegagalan tersebit terjadi setelah menerima surat yang menyatakan dirinya tidak lulus, padahal saat penguman via streaming namanya tertera sebagai calon bintara yang lulus untuk mengikuti pendidikan bintara.

Dalam sebuah video yang diunggah melalui akun Facebook Christofel Tumalun, seorang perwakilan keluarga meminta keadilan terkait persoalan tersebut.

Calon Bintar Polri Rafael Malalangi. [Akun Facebook Christofel Tumalun]
Calon Bintar Polri Rafael Malalangi. [Akun Facebook Christofel Tumalun]

"Kami orang susah, orang tak punya, pak. Kami mohon keadilan, mohon bantuan dari Bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Kapolri," kata perwakilan keluarga melalui vidoe yang diunggah pada Kamis (29/7/2021).

Baca Juga: Viral di Medsos, Video Keluarga Calon Anggota Polisi Bintara Polri Lakukan Aksi Protes

Diungkapkan dalam video tersebut, keluarga Rafael langsung menggelar ibadah syukur setelah mengetahui putra kebanggaan mereka berhasil lolos dalam penerimaan bintara polisi di Polda Sulut.

"Pada saat pengumuman dan disiarkan live streaming disaksikan langsung masyarakat, jadi kebanggaan bagi kami. Keluarga kami langsung buat ibadah syukur," ungkapnya.

Identitas kartu Rafael Malalangi saat mengikuti calon Bintara Polri 2021. [Akun Facebook Christofel Tumalun]
Identitas kartu Rafael Malalangi saat mengikuti calon Bintara Polri 2021. [Akun Facebook Christofel Tumalun]

Namun, sepekan berselang pihak keluarga mendapatkan kabar bahwa nama sang anak dinyatakan tidak lulus dan telah digantikan oleh nama orang lain.

"Tapi hari ini, 29 Juli 2021 kami menerima surat bahwa anak kami dinyatakan tidak lulus dan sudah digantikan oleh orang lain," tuturnya.

Selain video, akun tersebut juga mengunggah bukti pengumuman Rafael Malalangi yang dinyatakan lulus dalam seleksi penerimaan Bintara Polri 2021 asal Polres Minahasa Selatan.

Baca Juga: Anak Dibatalkan Lulus Bintara Polri, Bapak Mengadu ke Presiden Jokowi

Selain itu, ada pula foto kartu peserta seleksi Bintara Polri atas nama Rafael Malalangi.

Baca Juga

Berita Terkait