alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

1.540 Kotak Amal Disita Polisi, Diduga untuk Biayai Jamaah Islamiyah

Ari Syahril Ramadhan Selasa, 17 Agustus 2021 | 06:00 WIB

1.540 Kotak Amal Disita Polisi, Diduga untuk Biayai Jamaah Islamiyah
Densus 88 Antiteror melakukan penggeledahan sebuah ruko di Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu (15/8/2021) siang. [Ayobandung.com]

"Syam Organizer merupakan yayasan amal milik organisasi Jamaah Islamiyah yang berkantor pusat di Yogyakarta," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri.

SuaraJabar.id - Densus 88 Antiteror Mabes Polri menyita 1.540 kotak amal yang diduga terafiliasi dengan jaringan Jamaah Islamiyah (JI) ketika menangkap seorang terduga teroris di Rancasari, Kota Bandung, Minggu (15/8/2021).

Terduga teroris yang diamankan Densus 88 Antiteror itu diduga berhubungan dengan yayasan amal milik JI, yakni Syam Organizer.

"Yang bersangkutan bermufakat dengan AYL, yang sudah ditangkap juga, dan US dalam hal peningkatan perekonomian anggota JI di bidang Tajhiz, untuk meningkatkan dana infak demi keberlangsungan organisasi terlarang JI," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Komisaris Besar Ahmad Ramadhan, Senin (16/8/2021).

Densus 88 menyita sejumlah barang bukti dari penangkapan tersebut. Mulai dari ponsel, buku, tabungan, buku catatan, hingga 1.540 celengan kotak amal.

Baca Juga: Densus 88 Antiteror Polri Tangkap 48 Terduga Teroris Jelang HUT Kemerdekaan RI

Kotak Amal ini berhubungan juga dengan Yayasan Amal Syam Organizer.

"Kami sampaikan bahwa Syam Organizer merupakan yayasan amal milik organisasi Jamaah Islamiyah yang berkantor pusat di Yogyakarta," kata Ahmad.

Ahmad mengatakan tujuan pembentukan Syam Organizer tersebut adalah untuk menggalang dana dengan tujuan untuk menarik simpati masyarakat melalui program kemanusiaan.

Selain itu, langkah ini juga diambil untuk menghindari kecurigaan dari aparat.

"Ketiga dapat bergerak secara leluasa dalam melakukan penggalangan dana agar mendapat dana yang maksimal," kata Ahmad.

Baca Juga: Pasutri Diduga Otak Penggalang Dana Teroris Ditangkap, Warga: Baik Orangnya

Menurut Ahmad, Syam Organizer memiliki beberapa cara dalam memperoleh dana. Mulai dari mengedarkan Kotak Amal ke masyarakat, hingga mengadakan tabungan kurban.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait