alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Call Center BPJS Kesehatan Lengkap, Termasuk Nomor Layanan Chika dan Pandawa

Dinar Surya Oktarini Kamis, 28 Oktober 2021 | 10:58 WIB

Call Center BPJS Kesehatan Lengkap, Termasuk Nomor Layanan Chika dan Pandawa
Loket BPJS Kesehatan. (Dok: BPJS Kesehatan)

Berikut call center BPJS Kesehatan yang bisa kamu hubungi.

SuaraJabar.id - BPJS Kesehatan semakin gencar meningkatkan pelayanan online selama pandemi Covid-19. Call Center BPJS Kesehatan tak hanya terpusat di satu nomor, namun pelayanan ada di setiap daerah.

BPJS Call Center dilayani melalui nomor telepon 1500 400. Nomor call center ini bisa diakses sampai bulan Desember 2021. Namun setelah itu, BPJS Call Center berpindah ke 165. Nomor telepon 165 pada saat ini sudah aktif dan melayani selama 24 jam.

BPJS Kesehatan juga menghadirkan Chat Assistant JKN atau disingkat dengan nama Chika. Chika membuka pelayanan melalui WhatsApp pada nomor 08118750400.

Kartu Indonesia Sehat. (Dok: BPJS Kesehatan)
Kartu Indonesia Sehat. (Dok: BPJS Kesehatan)

Selain Call Center BPJS Kesehatan dan nomor whatsApp Chika, BPJS Kesehatan membuat terobosan dengan menghadirkan Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp. Pelayanan ini disingkat dengan nama PANDAWA.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Dorong Komitmen Mutu Pelayanan RS Gigi dan Mulut

Dalam keterangan BPJS Kesehatan melalui instagram resminya, Pandawa beroperasi setiap hari Senin-Jumat, pada pukul 08.00 - 14.00 WIB. Layanan akan istirahat siang pada pukul 12.00 - 13.00 WIB.

Pada salah satu komentar yang dikirimkan akun "without_result", BPJS Kesehatan menegaskan pelayanan Pandawa akan aktif pada jam kerja saja. Pesan yang dikirim di luar waktu tersebut akan diabaikan.

Melalui Pandawa, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan, seperti:

1. Daftar BPJS Kesehatan Baru
2. Tambah Anggota Keluarga
3. Daftar Bayi Baru Lahir
4. Ubah Jenis Kepesertaan
5. Ubah Data Identitas
6. Ubah data Golongan dan Gaji
7. Ubah Faskes Tingkat Pertama (FKTP)
8. Penonaktifan Peserta Meninggal
9. Perbaikan Data Ganda
10. Pengaktifan Kembali Kartu

Pandawa bukan hanya terpusat di satu nomor, seperti Call Center BPJS Kesehatan dan WhatsApp Chika. Setiap kantor cabang, mulai dari Banda Aceh hingga Jayapura, memiliki nomor Pandawa yang berbeda-beda.

Baca Juga: Bukan Karyawan Perusahaan? Ini Cara Daftar BPJS Kesehatan

Daftar nomor ini tersedia di instagram "bpjskesehatan_ri". Daftar nomor tersebut tersemat dalam bio instagram BPJS Ketenagakerjaan dengan judul No.Pandawa.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait