alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bukan Karyawan Perusahaan? Ini Cara Daftar BPJS Kesehatan

Dinar Surya Oktarini Kamis, 28 Oktober 2021 | 08:00 WIB

Bukan Karyawan Perusahaan? Ini Cara Daftar BPJS Kesehatan
Kartu kepersertaan BPJS Kesehatan. [bpjs-kesehatan.go.id]

Yuk simak cara daftar BPJS Kesehata berikut ini.

SuaraJabar.id - Cara daftar BPJS Kesehatan sangat mudah. Bukan saja untuk karyawan perusahaan, namun juga masyarakat yang masuk kategori pemberi kerja dan bukan karyawan perusahaan. Pendaftaran bisa dilakukan via online maupun offline.

BPJS Kesehatan ditujukan pemerintah untuk memastikan seluruh penduduk Indonesia terlindungi jaminan kesehatan yang adil dan merata. Untuk itu, pemerintah getol mengajak masyarakat untuk segera mendaftarkan diri ke BPJS Kesehatan.

Ajakan ini berbanding lurus dengan pelayanan yang diberikan. BPJS Kesehatan mempermudah urusan pendaftaran, bahkan ketika tak bisa keluar rumah. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk daftar BPJS Kesehatan.

INFOGRAFIS: Cara daftar BPJS Kesehatan Online Anti Ribet!
INFOGRAFIS: Cara daftar BPJS Kesehatan Online Anti Ribet!

Bagi pekerja yang jadi bagian dari karyawan badan usaha, biasanya proses akan dilakukan atau dibantu oleh pihak kantor. Pasalnya, kepemilikan BPJS Kesehatan biasanya menjadi syarat ketika diangkat menjadi karyawan tetap atau pun tidak tetap.

Baca Juga: Iuran BPJS Kesehatan: Berikut Besaran serta Dendanya

Lalu, bagaimana dengan masyarakat yang tidak menjadi bagian dari sebuah perusahaan, atau malah bertindak sebagai pemberi kerja? ternyata, cara daftar BPJS Kesehatan cukup simpel.

Masyarakat yang masuk kategori pekerja bukan penerima upah dan bukan pekerja bisa mendaftar BPJS Kesehatan dengan mudah. Meski seluruh langkahnya dikerjakan sendiri, namun hal ini bisa dilakukan dengan cepat dan praktis.

Syarat dan cara daftar BPJS Kesehatan

Sebelum mendaftar, pastikan anda telah menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan. Ada lima syarat yang diperlukan, seperti berikut ini:

1. Kartu Keluarga
2. Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama yang dipilih
3. Email dan Nomor HP aktif
4. Halaman depan buku tabungan aktif untuk pendaftaran autodebet iuran
5. Paspor, Kartu Izin Tinggal Tetap/Sementara, Nomor Visa tinggal terbatas, Surat Izin Kerja, bagi Warga Negara Asing (WNA)

Baca Juga: 3 Cara untuk Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP

Pendaftaran

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait