facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Tempat Wisata di Puncak Populer untuk Mengisi Waktu Libur Singkat

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 05 November 2021 | 10:13 WIB

10 Tempat Wisata di Puncak Populer untuk Mengisi Waktu Libur Singkat
Tempat Wisata Bogor - Paralayang Bukit Gantole Puncak (instagram @infopuncak.bgr/@maul_mindset05)

Puncak adalah sebuah daerah yang terletak di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur.

SuaraJabar.id - Daftar tempat wisata di Puncak untuk mengisi waktu libur singkat. Wisata ini bisa didatangi hanya perlu waktu 2 sampai 3 hari saja.

Puncak adalah sebuah daerah yang terletak di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. Daerah Puncak menjadi pilihan termudah untuk warga Jabodetabek berwisata karena tempatnya yang relatif dekat.

Selain jarak, faktor lain yang menyebabkan Puncak menjadi daerah wisata terkenal adalah ragam pilihan aktivitas yang dapat dilakukan di sini.

Tempat wisata di Puncak sudah memiliki daya tarik yang besar sejak masa penjajahan Belanda di Nusantara. Kebun teh yang terletak di daerah ini awalnya dibuat oleh pemerintah Kolonial Belanda.

Baca Juga: Enam Desa di Takokak Cianjur Diterjang Longsor, Jalan Penghubung Antar Desa Tertutup

Hingga hari ini, Puncak masih menjadi tujuan rekreasi favorit bagi banyak orang. Di bawah ini adalah sepuluh rekomendast tempat wisata di Puncak untuk alternatif rencana perjalananmu!

1. Memacu Adrenalin dengan Paralayang di Bukit Gantole

Kejuaraan Nasional Paralayang Wonogiri Open di Bukit Gantole, Wonogiri, Jawa Tengah, Senin (13/10). [Antara/Maulana Surya]
Kejuaraan Nasional Paralayang Wonogiri Open di Bukit Gantole, Wonogiri, Jawa Tengah, Senin (13/10). [Antara/Maulana Surya]

Ketika berkunjung ke Puncak dan sedang ingin mencoba hal baru yang akan sulit kamu temukan di tempat lain, kamu harus mampir ke Bukit Gantole dan menaiki wahana paralayang yang tersedia di sana.

Untuk mencoba olahraga ekstrim ini, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 350.000. Dengan harga tersebut pengunjung sudah dapat mengikuti tandem flight dengan instruktur profesional yang sudah memiliki sertifikasi.

2. Agrowisata Gunungmas Kebun Teh Walini, Tempat Relaksasi Bersama Keluarga

Baca Juga: Belum Terkalahkan, Persib Bandung Bertengger di Puncak Klasemen Sementara Liga 1 2021

Agrowisata Gunungmas Kebun Teh Walini adalah objek wisata yang sesuai dikunjungi bersama keluarga. Di tempat yang satu ini kamu dapat healing dengan berjalan mengelilingi kebun teh yang luas dengan harga tiket masuk yang nyaman di kantong. Tidak ingin capai berjalan kaki? Tenang saja, kamu juga bisa menunggang kuda atau menyewa ATV untuk berkeliling kebun teh.

3. Hobi Mendaki? Kunjungi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah lahan seluas 24.270,80 Ha. Dengan luas tersebut, taman nasional ini terletak di tiga kabupaten sekaligus, tiga kabupaten tersebut adalah Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur.

Jika pada zaman dulu, tempat ini dipergunakan sebagai tempat penelitian para peneliti botani dari Belanda, di masa modern ini masyarakat umum pun dapat memasuki area ini untuk mendaki Gunung Gede Pangrango.

4. Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga di Objek Wisata dari Cimory

Tahukah kamu jika Cimory bukan hanya perusahaan yang menghasilkan produk susu? Cimory juga memiliki berbagai objek wisata yang masih berhubungan dengan produk-produk mereka. Tiga di antara tempat rekreasi tersebut terletak di Puncak. Tempat pertama adalah Cimory Mountain View yang terletak di Jalan Raya Puncak-Cianjur Km 77 Nomor 435, Leuwimalang, Cisarua, Bogor.

5. Pariwisata Cimory Lainnya: Cimory Riverside dan Cimory Dairyland Puncak

Selain Cimory Mountain View kamu juga bisa berkunjung ke Cimory Riverside yang beralamat tepatnya di Jalan Raya Puncak Km 76, Mega Mendung, Bogor. Selanjutnya adalah Cimory Dairyland Puncak yang beralamat di Megamendung, Bogor. Ketiga tempat wisata dari Cimory ini menawarkan aktivitas yang mirip. Kamu dapat menghabiskan waktu dengan keluarga sembari menikmati berbagai menu dan membeli oleh-oleh khas Cimory.

6. Berlibur Bersama Hewan-Hewan di Taman Safari Cisarua

Taman Safari Puncak tepatnya beralamat di Jalan Raya Puncak Gadog Nomor 601, Cibeureum, Cisarua, Bogor. Taman Safari Cisarua menawarkan berbagai paket untuk kamu yang ingin menghabiskan liburanmu di tempat ini bersama keluarga. Selain berbagai paket untuk bertemu dengan fauna yang ada di sana, Taman Safari juga memiliki tempat akomodasi tersendiri untuk para tamu yang ingin menginap di dekatnya.

7. Novus Giri Puncak Resort & Spa, Tempat Staycation di Puncak

Jika kamu lebih senang berlibur dengan staycation, kamu perlu tinggal sebentar di Novus Giri Puncak Resort & Spa. Tempat ini tidak hanya menawarkan sebuah akomodasi tetapi juga berbagai aktivitas lain seperti Rabbit Village, Kids Club, T-Shirt & Bag Painting, Horseback Riding, Spa Treatment, dan Romantic Dinner. Novus Giri Resort & Spa terletak di Jalan Sindanglaya Raya Nomor 180 Puncak, Cipanas, Jawa Barat.

8. Mencoba Berbagai Olahraga Unik di the Ranch Cisarua

Dengan berkunjung ke The Ranch Cisarua, kamu dapat menikmati berbagai aktivitas yang tidak bisa kamu lakukan di tempat lain. The Ranch Cisarua menawarkan berbagai fasilitas dan aktivitas untuk pengunjungnya seperti lahan untuk berkuda, restoran, Jembatan Dongeng, dan Pasar Alkisah. The Ranch Cisarua terletak di Jalan Raya Puncak Km 77,5 Cisarua, Bogor.

9. Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Wisata Alam Lain di Puncak

Tempat wisata di Puncak yang satu ini memiliki luas lahan sebesar 40.000 Ha. Jika kamu memutuskan untuk mengunjungi Taman Nasional Gunung Halimun Salak, kamu dapat mendaki Gunung Salak lewat taman nasional ini.

TNGHS juga merupakan banyak jalan menuju wisata curug, lahan camping, hingga edukasi konservasi alam. TNGHS ini terletak di Kabupaten Sukabumi, tepatnya di Jalan Raya Cipanas, Kabandungan, Sukabumi, Jawa Barat.

10. Wisata Air di Curug Cilember

Tempat wisata di daerah Puncak yang terakhir adalah Curug Cilember yang terletak di Jalan Raya Puncak, Cilember, Megamendung, Bogor. Di kawasan ini terdapat tujuh curug berbeda.

Harga tiket untuk masuk ke dalam kawasan Curug Cilember dimulai dari Rp 4.000 hingga Rp 350.000. Selain bermain air, kamu juga dapat mencoba berbagai wahana yang ada di Curug Cilember ini.

Sepuluh lokasi di atas adalah beberapa dari banyak tempat wisata di Puncak. Lokasi mana yang menarik perhatianmu dan ingin kamu jadikan tujuan untuk berlibur di masa liburan selanjutnya?

Kontributor : Firda Nuril Huda

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait