facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hasil Uji Emisi Bakal Jadi Syarat Bayar Pajak Kendaraan, Ini Kata Pemkot Cimahi

Lebrina Uneputty Sabtu, 20 November 2021 | 12:45 WIB

Hasil Uji Emisi Bakal Jadi Syarat Bayar Pajak Kendaraan, Ini Kata Pemkot Cimahi
Petugas Tengah Malakukan Uji Emisi Terhadap Kendaraan (Suara.com/Ferry Bangkit Rizki)

Di antaranya bisa meminimalisir pencemaran udara di Kota Cimahi.

SuaraJabar.id - Pemkot Cimahi tak menutup kemungkinan untuk menjadikan hasil uji emisi sebagai syarat ketika masyarakat akan membayar pajak kendaraan.

Apalagi sesuai aturan yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, uji emisi menjadi syarat pembayaran pajak.

Kepala Bidang Penataan Hukum Lingkungan Dadan Supardan mengatakan, sesuai aturan memang rencananya uji emisi menjadi aturan untuk memperpanjang STNK. Untuk pelaksanaan di Kota Cimahi, kata dia, harus melihat situasi dan kondisi.

"Kenapa wajib? Karena nanti akan disyaratkan untuk memperpanjang STNK itu salah satunya harus bisa melampirkan hasil uji emisi. Kita harapannya ke sana juga, tapi melihat situasi dan kondisi," kata Dadan pada Sabtu (20/11/2021). 

Baca Juga: Burger Tidak Sama Dengan Gambar, KFC Palopo Wajib Beri Makan Lima Panti Asuhan

Menurut Dadan, uji emisi sebagai syarat untuk pembayaran pajak cukup baik dan memiliki banyak manfaat apabila dilaksanakan. Di antaranya bisa meminimalisir pencemaran udara di Kota Cimahi.

"Kedua, kendaraan bisa terawat karena harus lolos uji emisi. Jadi memacu pemilik kendaran harus selalu sehat (kendaraannya)," sebut dia.

Sejauh ini, uji emisi sebagai syarat untuk memperpanjang STNK baru akan dilaksanakan di wilayah DKI Jakarta. Dadan berharap uji emisi yang dilaksanakan di Kota Cimahi hari ini menjadi ajang sosialisasi terhadap masyarakat.

"Saya harapkan ini merupakan suatu kegiatan sosialisasi masyarakat. Rencana kami dengan KLHK mungkin di tahun tahun berikutnya uji emosi ini merupakan suatu yang wajib bagi pemilik kendaraan," ungkap Dadan.

Kontributor : Ferrye Bangkit Rizki

Baca Juga: Dari Fortuner Hingga BMW, Puluhan Kendaraan di Cimahi Tak Lulus Uji Emisi"

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait