alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Meningkat Drastis di Awal Pandemi, Begini Angka Pengangguran di Kota Cimahi Saat Ini

Ari Syahril Ramadhan Senin, 06 Desember 2021 | 15:30 WIB

Meningkat Drastis di Awal Pandemi, Begini Angka Pengangguran di Kota Cimahi Saat Ini
ILUSTRASI - Aktivitas produksi di PT Sansan Saudaratex Kota Cimahi. [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]

"Sekarang yang dirumahkan sudah mulai dipekerjakan kembali. Artinya perusahaan sudah mulai menggeliat kembali setelah dihantam pandemi COVID-19," ujarnya.

SuaraJabar.id - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cimahi merilis, persentasi tingkat pengangguran terbuka di Kota Cimahi, Jawa Barat mencapai 13,07 persen atau sebanyak 38.193 orang pada tahun 2021.

Jumlah angka pengangguran terbuka itu turun sedikit dibandingkan yang tercatat pada Agustus 2020 yang mencapai 39.055 orang atau sebesar 13,30 pereen.

"Jadi memang angka pengangguran terbuka turun karena jumlah pengangguran memang turun. Walaupun jumlah angkatan kerja di Cimahi juga turun," ungkap Koordinator Fungsi Statistik Sosial BPS Kota Cimahi, Windi Pramudyawardani saat dihubungi Suara.com pada Senin (6/12/2021).

Jumlah pengangguran di Kota Cimahi sendiri sempat naik drastis ketika pandemi COVID-19 mewabah tahun 2020. Bahkan menempati urutan terbesar kedua dari 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat.

Baca Juga: Kemenkes Ingin Indonesia Jadi Negara Pertama yang Bebas Pandemi Covid-19

Sementara memasuki tahun 2021, kata Windi, jumlah pengangguran di Kota Cimahi tidak mengalami penambahan. Meski begitu, jumlah pengangguran di Kota kecil ini masih menjadi salah satu yang tertinggi di Jawa Barat.

"Di 2021 jumlah pengangguran tidak bertambah dan sudah ada yang mendapat pekerjaan. Tapi hanya sedikit, sehingga TPT (tingkat pengangguran terbuka) Cimahi jadi paling tinggi se-Jabar. Jadi TPT Cimahi turun, tapi penurunan TPT di kabupaten kota lain di Jabar lebih cepat daripada Cimahi," beber Windi.

Kemudian yang menarik, terang Windi, jumlah pekerja perempuan dan pencari kerja atau pengangguran perempuan justru meningkat.

"Artinya peran perempuan dalam angkatan kerja di kondisi pandemi ini justru makin besar," ucapnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi, Yanuar Taufik mengatakan, tahun lalu jumlah penangguran di Kota Cimahi sendiri tahun 2020 memang meningkat.

Baca Juga: SuaraLive!: Strategi Bangkitkan Ekonomi di Tengah Ancaman Wabah Covid-19 Varian Baru

Namun berdasarkan pantauan, kata dia, pekerja yang sebelumnya dirumahkan mulai aktif kembali bekerja.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait