alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kode Bank BNI untuk Transaksi dari Bank Lain

Risna Halidi Kamis, 09 Desember 2021 | 15:30 WIB

Kode Bank BNI untuk Transaksi dari Bank Lain
Ilustrasi ATM Bank BNI [Foto: Beritajatim]

Kode bank ini akan jadi kode identifikasi transaksi pengiriman uang antar bank.

SuaraJabar.id - Kode bank BNI. Transaksi perbankan menjadi sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Memasuki era digital, kebanyakan orang lebih memilih cara praktis untuk melakukan transaksi.

Sehingga, sekarang semua bank di Indonesia sudah menyediakan fasilitas pembayaran digital, termasuk Bank Negara Indonesia (BNI). Jika anda ingin mengirim uang dari bank lain ke bank BNI, maka anda perlu memasukkan kode bank BNI.

Kode bank merupakan serial number berapa tiga digit angka yang menjadi identitas resmi sebuah bank yang dapat digunakan untuk transaksi pengiriman uang dari mesin ATM, Mobile Banking dan juga SMS banking.

Kode bank ini akan jadi kode identifikasi transaksi pengiriman uang antarbank.

Baca Juga: Xpora Virtual Golf Tour Sukses Gairahkan UMKM Pariwisata

Setiap bank pasti memiliki kode yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Transaksi digital akan sulit dilakukan ketika kode banknya sama. Perbedaan itu karena algoritma transaksi masing-masing bank akan menggunakan kode bank.

Bank BNI sendiri merupakan salah satu bank yang populer di Indonesia. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1946 dan termasuk sebagai Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. Bank ini telah memiliki banyak nasabah yang tersebar di seluruh negeri.

Saat ini, 60 persen saham-saham BNI dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia, sedangkan 40 persen sisanya dimiliki oleh masyarakat, baik individu maupun institusi, domestik dan asing. BNI tercatat sebagai Bank nasional terbesar ke-4 di Indonesia.

Hal itu dapat dilihat dari total aset, total kredit maupun total dana pihak ketiga. Kini dalam memberikan layanan finansial secara terpadu, BNI didukung oleh sejumlah anak perusahaan, yaitu Bank BNI Syariah, BNI Multifinance, BNI Sekuritas, BNI Life Insurance, dan BNI Remittance.

Meskipun sama-sama di kelola oleh perusahaan yang sama, namun setiap jenis bank BNI memiliki kode bank yang berbeda.

Baca Juga: Cara Buka Rekening BNI Online Menggunakan Aplikasi BNI Mobile Banking

Contohnya seperti bank BNI DAN BNI Syariah. Kode bank BNI yaitu 009 sedangkan kode bank BNI Syariah adalah 427.

Pastikan saat melakukan transaksi transfer uang dari bank lain ke bank BNI, kode yang anda masukkan benar. Karena jika anda salah memasukkan angka maka transaksi yang anda lakukan gagal.

Kode bank ini juga bisa dilihat di daftar kode bank di mesin ATM atau mobile banking saat akan melakukan transaksi.

Anda dapat melakukan pengecekan berapa digit angka yang dibutuhkan untuk kode bank tujuan anda. Selanjutnya tinggal mengetikkan kode tersebut di depan nomor rekening tujuan anda.

Demikianlah ulasan mengenai kode bank BNI. Semoga membantu anda untuk melakukan transaksi.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait