facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hati-hati Mogok, Ini 4 Komponen Penyebab Motor Susah Distarter

Risna Halidi Selasa, 21 Desember 2021 | 17:52 WIB

Hati-hati Mogok, Ini 4 Komponen Penyebab Motor Susah Distarter
Ilustrasi penyebab motor susah distarter (pixabay.com)

Motor susah distarter atau dinyalakan apalagi saat digunakan untuk beraktivitas akan sangat menyebalkan.

SuaraJabar.id - Penyebab motor susah distarter bisa sangat beragam. Motor susah distarter atau dinyalakan apalagi saat digunakan untuk beraktivitas akan sangat menyebalkan.

Situasi seperti ini memang tak bisa dihindari, namun dapat diminimalisir dengan memerhatikan kondisi komponen dalam motor secara berkala.

Selain itu, service motor juga dapat mengantisipasi terjadinya motor susah dinyalakan. Karena dari service motor, maka setiap komponen yang ada di motor akan dicek, sehingga akan terawat.

Karena seperti yang diketahui, penyebab dari motor yang susah dinyalakan tersebut sebenarnya terjadi karena berbagai macam hal.

Baca Juga: Ribuan Buruh Pabrik Garmen di Sukabumi Mogok Kerja, Ini Tuntutannya

Lantas, apa saja komponen yang menjadi penyebab motor susah distarter? untuk mengetahui penyebabnya, simak penjelasan berikut ini.

1. Aki Bermasalah
Aki merupakan komponen yang berfungsi untuk menyimpan serta menyuplai listrik yang salah satu tujuannya untuk menyalakan mesin.

Apabila tegangan dari aki tersebut kurang, maka kinerja komponen elektronik pada motor lainnya juga menurun, termasuk starter mesin.

Untuk mengetahui kualitas aki menurun bisa dilihat dari lampu yang meredup dan klakson yang tidak berbunyi.

Solusinya, yakni dengan menggunakan kick starter sampai 450 RPM. Jika kurang, motor tetap tidak akan menyala.

Baca Juga: Ada Potongan Diskon Istimewa untuk Peserta JKN-KIS di Gerai Ini

2. Kerusakan Busi
Busi merupakan komponen paling penting pada motor dalam sistem pengapian. Penyebab kerusakan pada busi, bisa karena usia, sehingga pembakaran tidak memiliki api yang optimal. Api yang keluar dari busi sangat kecil bisa jadi masalahnya.

Cara atasi motor yang tidak bisa disatrter akibat busi, adalah memerikan kondisi fisiknya.

Lepaskan busi dari motor dan amati permukaannya. Jika tampilannya hitam pekat atau celahnya sudah longgar, maka busi harus diganti yang baru.

3. Kerusakan Pada Relay Starter
Relay starter memiliki fungsi untuk mengalirkan listrik arus utama dari aki ke bagian motor starter. Bagian ini cukup sering menjadi penyebab utama motor susah distarter.

Posisi relay sendiri ada di antara aki serta motor starter. Ketika rusak tak ada fungsinya  dengan menekan relay dan mencoba starter bersamaan. Apabila muncul ketukan, tandanya relay masih normal.

4. Karburator Bermasalah
Karburator memiliki fungsi untuk menyalurkan bahan bakar serta udara ke silinder mesin. Apabila terjadi kerusakan pada bagian ini, maka pasokan bahan bakar tidak sempurna.

Cara mengatasinya adalah dengan memeriksa tekanan bahan bakar terlebih dahulu.  Kemudian bisa membuka karburator dengan memutar serta menyetelnya. Cukup putar searah jarum jam dan putar lagi berlawanan arah.

Apabila yang terjadi adalah masalah banjir, maka harus mengeluarkan bahan bakar yang tersimpan didalamnya. Kemudian nyalakan kembali motor dengan kick starter. Dilakukan terus hingga mesin hidup atau menyala.

Demikianlah informasi tentang penyebab motor susah distarter. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor : Raditya Hermansyah

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait