facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lima Saung di Lapangan Tegallega Bandung Ini Bisa Hasilkan Energi Listrik

Ari Syahril Ramadhan Rabu, 19 Januari 2022 | 11:52 WIB

Lima Saung di Lapangan Tegallega Bandung Ini Bisa Hasilkan Energi Listrik
Sebanyak lima unit Saung Tenaga Surya yang merupakan bantuan dari PT Len Industri (Persero) dan anak perusahaannya, PT Surya Energi Indotama (SEI) kepada Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, terpasang di Lapangan Tegallega Kota Bandung. [ANTARA/Ajat Sudrajat]

"Masing-masing titik saung dalam sehari mampu menghasilkan energi listrik sebesar 408 Watt Hour (WH) yang akan disimpan dalam baterai berkapasitas 700 WH," kata dia.

SuaraJabar.id - Direktur Keuangan dan SDM PT Len Industri (Persero) Indarto Pamoengkas mengatakan pihaknya bersama anak perusahaan mereka, PT Surya Energi Indotama akan memberikan bantuan berupa 10 unit Saung Tenaga Surya kepada Pemerintah Kota Bandung.

Saung Tenaga Surya itu kata Indarto, kini telah terpasang sebanyak lima unit di Lapangan Tegallega Kota Bandung.

""Kami (Len dan SEI) akan memberikan 10 unit Saung Tenaga Surya kepada Pemkot Bandung. Saat ini telah terpasang sebanyak lima unit di Taman Tegallega, dan lima unit lainnya akan menyusul," kata Indarto, Rabu (19/1/2022) dikuti dari Antara.

Saung Tenaga Surya Len dan SEI merupakan karya anak bangsa yang memadukan budaya tanah Priyangan, berupa saung sebagai tempat berteduh, dengan teknologi modern berupa energi terbarukan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Baca Juga: Aksi Politikus PDI Perjuangan Picu Amarah Orang Sunda, Antropolog Unpad: Hina Bahasa Sunda Berarti Hina Budaya Bangsa

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana bersama Direktur Keuangan dan SDM PT Len Industri (Persero) Indarto Pamoengkas dan Direktur Utama PT SEI Bambang Iswanto meresmikan lima unit Saung Tenaga Surya tersebut.

Indarto Pamoengkas mengatakan kelima saung tersebar antara lain dua titik di area Monumen Bandung Lautan Api, dua titik di Lampions Park, dan satu titik di area kolam renang Tirta Lega.

"Masing-masing titik saung dalam sehari mampu menghasilkan energi listrik sebesar 408 Watt Hour (WH) yang akan disimpan dalam baterai berkapasitas 700 WH," kata dia.

Menurut Indarto energi tersebut bisa digunakan untuk lampu penerangan taman dan dapat dimanfaatkan pengunjung taman melakukan pengisian daya (charging) HP dan alat elektronika lainnya.

"Selain memperindah taman di Kota Bandung, tentunya karena ini teknologinya tenaga surya, maka ini tak menggunakan energi fosil atau tenaga listrik namun penerangan di malam hari," kata dia.

Baca Juga: Pelatih Persib Bandung: Borneo FC Bagus, Tapi Mereka Juga Punya Kelemahan

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengapresiasi PT LEN Industri (Persero) sebagai salah satu industri pertahanan di tanah air mengembangkan teknologi yang bisa langsung diaplikasi di masyarakat.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait