facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

ART Pasien Omicron di Cimahi Tak Punya Riwayat Perjalanan Jauh, Dinkes: Setiap Akhir Pekan Pulang ke Nagreg

Ari Syahril Ramadhan Senin, 24 Januari 2022 | 11:50 WIB

ART Pasien Omicron di Cimahi Tak Punya Riwayat Perjalanan Jauh, Dinkes: Setiap Akhir Pekan Pulang ke Nagreg
Ilustrasi Omicron Variant Covid-19. [pixabay/Geralt]

Hasilnya ARTtersebut terinfeksi varian Omicron. Sementara ART lainnya bersama sopir negatif.

SuaraJabar.id - Sumber penularan Covid-19 varian Omicron terhadap seorang asisten rumah tangga (ART) di Kota Cimahi hingga kini masih menjadi misteri.

Terlebih yang bersangkutan tidak memiliki perjalanan dari luar negeri.

Berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Cimahi, pasien Omicron yang kini dirawat Rumah Sakit Mitra Kasih tersebut hanya memiliki riwayat perjalanan dari kota Cimahi ke Nagreg, Kabupaten Garut.

"Jadi pasien ini riwayat perjalanannya hanya setiap akhir pekan ini pulang ke Nagreg," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Dwihadi Isnalini Saat Ditemui pada Senin (24/1/2022).

Baca Juga: Terungkap, Ini Gejala Dominan Pasien Varian Omicron di Indonesia

Pihaknya saat ini masih menunggu hasil tes Whole Genome Sequencing (WGS) terhadap majikan yang hingga kini masih menjalani isolasi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). WGS merupakan tes yang dilakukan untuk mendeteksi varian Omicron.

"Jadi belum bisa menyimpulkan karena hasil tes di sana (Labuan Bajo) belum keluar. Kalau di sana positif (Omicron) berarti penularan lokal. Kalau enggak (negatif) berarti harus ditelusuri lagi darimana penularannya," beber Dwihadi.

Seperti diketahui, temuan kasus Omicron di Kota Cimahi sendiri bermula ketika Dinas Kesehatan mendapat laporan adanya warga Cimahi yang positif terinfeksi Covid-19 di Labuan Bajo. Namun belum diketahui jenis variannya.

Kemudian kontak erat yang berada di Kota Cimahi, yakni dua orang ART, sopir dan satu anggota keluarganya menjalani swab test. Hasilnya, satu ART tersebut mengalami gejala yang mengarah ke varian Omicron, sehingga dilakukan test lanjutan.

Hasilnya ARTtersebut terinfeksi varian Omicron. Sementara ART lainnya bersama sopir negatif.

Baca Juga: Sudah Dua Yang Meninggal, Kasus Omicron Indonesia Terus Melonjak, Kini Tambah Jadi 1.626 Orang

"Neneknya yang ada di Cimahi itu positif tapi bukan varian Omicron. Kita sekarang sedang penelusuran juga ke keluarga ART-nya," sebut Dwihadi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait