facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mudik Lebaran 2022, Irwasum Polri: Diberikan Kebebasan, Tidak Ada Penyekatan

Andi Ahmad S Rabu, 20 April 2022 | 13:50 WIB

Mudik Lebaran 2022, Irwasum Polri: Diberikan Kebebasan, Tidak Ada Penyekatan
Ilustrasi--Arus mudik lebaran, kendaraan terjebak kemacetan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. (Antara/Raisan Al Farisi)

Sebab, vaksin termasuk dosis ketiga atau booster menjadi syarat perjalanan mudik tahun ini.

SuaraJabar.id - Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di PT Sanbe Farming, Jalan Industri, Kota Cimahi pada Rabu (20/4/2022).

Komjen Pol Agung Budi ingin memastikan masyarakat di Jawa Barat sudah mendapatkan vaksin COVID-19 menjelang mudik lebaran.

Sebab, vaksin termasuk dosis ketiga atau booster menjadi syarat perjalanan mudik tahun ini.

"Kapolda (Jabar) menyampaikan dalam sehari dari Polda bisa mencapai 200 ribu dosis (vaksin COVID-19) kepada masyarakat kita," kata Komjen Pol Agung kepada wartawa.

Baca Juga: Pasar Tumpah Jadi Titik Macet Jalur Mudik Lebaran 2022, Polres Karawang Bakal Terjunkan Personel

Dalam kesempatan tersebut, dirinya menegaskan tidak akan ada penyekatan terhadap para pemudik yang akan pulang kampung pada lebaran tahun ini.

Hanya, masyarakat tetap harus memiliki keterangan sudah mendapat suntikan vaksinasi COVID-19 lengkap.

"Kita paham, kebijakan pemerintah dalam hal mudik diberikan kebebasan tidak ada penyekatan, tapi dengan syarat vaksinasi dosis tiganya 30 persen," sebut Komjen Pol Agung.

Dikatakannya, khusus wilayah Jawa Barat sendiri merupakan daerah tujuan mudik, lintasan pemudik dengan populasi penduduk yang paling banyak. Untuk itu, tegas dia, diperlukan herd immunity dengan vaksinasi.

Untuk itu, Polri bekerjasama dengan TNI dan pemerintah akan melaksanakan akselerasi vaksinasi COVID-19 menjelang lebaran. Dengan target, capaian vaksinasi COVID-19 booster bisa tercapai 30 persen sebelum lebaran.

Baca Juga: Anak-anak Boleh Mudik Tanpa Tes Covid-19, Ini Pertimbangan Pemerintah

"Bagi yang belum vaksinasi lengkap, silakan datang ke gerai vaksin di seluruh kabupaten kota yang digelar polri, serta lainnya," imbuhnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait