facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bandung Barat Dilanda Hujan Deras Akibatkan Pohon Tumbang hingga Seret Sepeda Motor ke Gorong-gorong

Galih Prasetyo Selasa, 10 Mei 2022 | 07:02 WIB

Bandung Barat Dilanda Hujan Deras Akibatkan Pohon Tumbang hingga Seret Sepeda Motor ke Gorong-gorong
Sepeda Motor Terseret Derasnya Air di Desa Laksanamekar, Kecamatan Padalarang, Bandung Barat pada Senin (9/5/2022)

Hujan deras yang mengguyur pada Senin (9/5/2022) sore membuat sejumlah titik di Kabupaten Bandung Barat (KBB) diterjang bencana alam

SuaraJabar.id - Hujan deras yang mengguyur pada Senin (9/5/2022) sore membuat sejumlah titik di Kabupaten Bandung Barat (KBB) diterjang bencana alam. Di antaranya banjir dan pohon tumbang.

Di antaranya di wilayah Kecamatan Padalarang. Hujan deras yang mengguyur membuat volume air meningkat hingga sempat mengenai sejumlah bangunan. Di antaranya air sempat masuk ke Kantor Desa Laksanamekar.

"Bukan terendam banjir, ada arus air yang masuk ke dalam. Perangkat desa sedang membersihkan," terang Camat Padalarang, Dudi Supriadi di lokasi.

Selain itu, ada dua unit sepeda motor yang terseret derasnya air di Jalan Raya Batujajar, Desa Laksanamekar, Kecamatan Padalarang. Satu unit motor sempat diselamatkan sehingga tidak sempat masuk gorong-gorong.

Baca Juga: Banjir Merendam Dua Desa di Lamongan Imbas Luapan Sungai Bengawan Njero

Sedangkan satu unit motor yang dikendarai Ilyas (40) masuk ke dalam gorong-gorong sedalam 300 meter. Untungnya pengemudinya sempat menyelamatkan diri sebelum sepeda motor tersebut masuk ke dalam gorong-gorong.

"Yang satu masuk gorong-gorong dan allhamdulillah nyangkut di salah satu titik, kita sedang evakuasi. Allhamdulillah tidak ada korban jiwa," sebut Dudi.

Menurutnya, bencana alam yang terjadi di wilayahnya murni lantara faktor cuaca yakni hujan deras yang mengguyur sore tadi. "Memang karena curah hujan tinggi saja, jadi ari menungkat. Biasanya tidak seperti ini," tandasnya.

Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat, Duddy Prabowo mengatakan, akibat banjir luapan air limbah hujan Desa Laksanamekar tersebut ada sejumlah objek bangunan yang terdampak. Di antaranya Kantor Desa Laksanamekar.

"Luapan air limbah hujan masuk kantor Desa Laksanamekar setinggi 30 cm. Sebagian berkas arsip desa terendam. GOR bulutangkis juga terendam setinggi 50 cm. Dinding kantin bagian belakang juga jebol," ungkap Duddy.

Baca Juga: Longsor Dekat Galian Pasir Leles Bikin Jalur Garut-Bandung Terhambat, BPBD: Tidak Ada Korban

Sementara itu di Kampung Petir RT 02/05, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, serta di Kampung Cipanas RT01/01, Desa Rajamandala Kulon Kecamatan Cipatat ada sejumlah pohon tumbang.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait