facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mengenal Buyut Daeng, Pemilik Baju Kebal Peluru yang Petilasannya Dijadikan Makam Keramat

Ari Syahril Ramadhan Jum'at, 20 Mei 2022 | 13:23 WIB

Mengenal Buyut Daeng, Pemilik Baju Kebal Peluru yang Petilasannya Dijadikan Makam Keramat
Makam Buyut Daeng di Dusun Lamping, Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, dikeramatkan oleh masyarakat setempat. [HR Online]

Berdasarkan cerita turun-temurun, Buyut Daeng memiliki baju kere atau baju antipeluru," ujar warga setempat.

SuaraJabar.id - Terdapat sebuah makam keramat di usun Lamping, Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Menurut keterangan warga, makam yang dikeramatkan tersebut merupakan makam Buyut daeng.

Dari cerita turun-temurun, Buyut Daeng memiliki baju anti peluru bernama ‘baju kere’.

Sueb, sesepuh masyarakat Dusun Lamping, Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis mengatakan, makam tersebut sebetulnya bukan tempat Buyut Daeng dikuburkan.

Baca Juga: Bukan PMK, Tiga Kambing Milik Warga Ciamis Mati Terkena Penyakit Ini

Namun makam keramat itu hanya simbol yang menurut cerita orang-orang terdahulu hanya sebagai tempat persinggahan atau peristirahatannya Buyut Daeng.

“Berdasarkan cerita turun-temurun, Buyut Daeng memiliki baju kere atau baju antipeluru. Terlepas benar dan tidaknya cerita tersebut. Hingga saat ini keberadaan makam itu dikeramatkan dan dipelihara warga setempat,” ungkap Sueb, Kamis (19/05/2022).

Ia juga menjelaskan, kalau dari namanya, Daeng itu merupakan gelar bangsawan suku Makassar. Tetapi kerap sebagai panggilan bagi para pedagang atau pelaku ekonomi.

Ada juga yang menyebutnya sebagai julukan atau penghargaan terhadap seseorang yang memiliki kelebihan. Sehingga masyarakat menghormati keberadaannya.

“Meskipun kebenarannya belum bisa pasti, namun warga setempat menganggap makam Buyut Daeng itu sebagai makam keramat. Bahkan menjadi makam keramat,” pungkas Sueb.

Baca Juga: Dorong Perekonomian Lokal, Wagub Jabar Healing di Pantai Madasari Pangandaran

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait