facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Diduga Timbun Ribuan Liter Solar Subsidi, TNI AD Amankan Truk Modifikasi di Sukabumi

Andi Ahmad S Senin, 27 Juni 2022 | 08:10 WIB

Diduga Timbun Ribuan Liter Solar Subsidi, TNI AD Amankan Truk Modifikasi di Sukabumi
Ilustrasi penimbunan solar subsidi di Sukabumi. [Defri Candra/Riauonline]

Dugaan penimbunan solar subsidi tersebut terjadi di wilayah Cikembar dan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

SuaraJabar.id - Aksi heroik dilakukan prajurit TNI AD yang berhasil mengungkap dugaan penimbunan bahan bakar minyak atau BBM jenis solar, di wilayah Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (26/6/2022).

Dugaan penimbunan solar subsidi tersebut terjadi di wilayah Cikembar dan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

TNI AD melalui Kodim 0607 Kota Sukabumi berhasil tangkap tangan truk boks modifikasi yang sedang menyedot solar di sebuah SPBU di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. Tangkap tangan juga dilakukan di sebuah gudang di Kampung Cipanggulaan RT 01/03 Desa Pondokkasolandeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, sekira pukul 23.15 WIB.

Baca Juga: Ngeri! Ular Sanca Besar Bersarang di Bawah Keramik Rumah Warga Sukabumi

"Yang kita tangkap di Cikembar, kita ikuti, ternyata mereka gudangnya di sini (Parungkuda). Nanti oleh kepolisian akan didalami lagi, karena indikasinya masih ada beberapa tempat sampai ke arah Palabuhanratu," kata Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Dedy Ariyanto, mengutip dari Sukabumiupdate -jaringan Suara.com, Senin (27/6/2022).

Dedy mengatakan ketujuh orang yang diperiksa itu, tiga di antaranya diamankan dalam tangkap tangan di Cikembar dan empat lainnya saat tangkap tangan di Parungkuda. Modus mereka adalah mengambil solar dari SPBU dengan truk modifikasi, lalu dibawanya ke gudang.

"Kemudian mereka bawa lagi ke tempat-tempat pembelian mereka menggunakan truk tangki yang non subsidi," ucap Dedy. "Sementara yang sedang didalami taman-teman kepolisian di sini empat orang (Parungkuda) dan di sana tiga orang (Cikembar)," imbuhnya.

Menurut Dedy, gudang di Kampung Cipanggulaan RT 01/03 Desa Pondokkasolandeuh, Kecamatan Parungkuda, pada awalnya adalah gudang air minum, namun sudah lama kosong. Aktivitas dugaan penimbunan ini, kata Dedy, sudah berjalan kurang lebih dua bulan.

"Nanti kita dalami, tapi masih orang Sukabumi, katanya ada dari orang Jakarta juga yang terlibat," ucap dia menjelaskan asal terduga pelaku.

Baca Juga: Ingin Perkuat Kemitraan Militer dengan Uni Emirat Arab, Panglima TNI: Saya Sangat Serius

Total, TNI membongkar dugaan penimbunan sebanyak 5 ton BBM solar subsidi, dengan rincian dari truk boks modifikasi sebanyak 2 ton (Cikembar) dan di gudang sebanyak 3 ton (Parungkuda).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait