facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jelang Idul Adha, Ratusan Sapi di Kota Sukabumi Divaksinasi PMK

Ari Syahril Ramadhan Rabu, 29 Juni 2022 | 22:30 WIB

Jelang Idul Adha, Ratusan Sapi di Kota Sukabumi Divaksinasi PMK
ILUSTRASI - Petugas vaksinator memvaksinasi hewan ternak untuk pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). [Dok.Antara]

"Para peternak yang ingin mendapatkan layanan vaksinasi bisa berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi," ujarnya.

SuaraJabar.id - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Sukabumi, Jawa Barat meningkatkan antisipasi dan pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) jelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Dalah satunya dengan melakukan vaksinasi terhadap ratusan sapi yang ada di Kota Sukabumi.

"Ada 300 ternak sapi yang kami targetkan untuk menjalani vaksinasi PMK, namun tidak menutup kemungkinan jumlahnya bertambah," kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Rabu (29/6/2022).

Menurut Fahmi, vaksin PMK tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat dalam upaya menanggulangi penyebaran PMK kepada hewan ternak yang ada di Kota Sukabumi.

Baca Juga: 10 Hari Jelang Idul Adha, 289 Ribu Hewan Ternak Terpapar Wabah PMK

Apalagi menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H permintaan hewan kurban khusususnya sapi meningkat.

Maka dari itu, pihaknya terus berupaya untuk mencegah penyebaran PMK. Vaksinasi tersebut dilakukan ke sejumlah peternakan warga (rakyat) serta beberapa lapak penjualan hewan kurban. Adapun yang menjadi target vaksinasi adalah sapi perah, bibit dan akseptor-nya.

Selain itu, sapi yang divaksinasi ini merupakan yang dalam kondisi sehat dengan tujuan meningkatkan daya tahan tubuhnya dari serangan berbagai penyakit khususnya PMK yang sedang merebak di beberapa daerah saat ini.

"Para peternak yang ingin mendapatkan layanan vaksinasi bisa berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, nanti ada petugas kesehatan hewan yang akan memberikan petunjuk," tambahnya.

Di sisi lain. Fahmi mengatakan untuk mencegah penyebaran PMK pihaknya pun memperketat masuknya hewan ternak dari luar daerah khususnya sapi yang berkoordinasi dengan Polres Sukabumi Kota.

Baca Juga: Sudah Ditetapkan! Idul Adha Jatuh pada Minggu 10 Juli 2022

Di mana petugas gabungan akan melakukan pengawasan dan pemeriksaann setiap hewan ternak yang hendak masuk wilayah Kota Sukabumi. [Antara]

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait