Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Penampakan "Pocong" di TPU Baros Sukabumi untuk Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI-77

Galih Prasetyo Minggu, 14 Agustus 2022 | 14:38 WIB

Penampakan "Pocong" di TPU Baros Sukabumi untuk Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI-77
Cara unik warga di sekitar TPU Pangkalan Baros Sukabumi meriahkan HUT RI ke-77 (Sukabumiupdate.com)

Mereka membuat pocong dan kemudian diletakkan di Pemakaman Pengkalan, RT 03/06 Kelurahan Sudajayahilir, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi.

SuaraJabar.id - Banyak cara unik yang dilakukan masyarakat untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI-77. Hal ini juga yang dilakukan oleh warga Pangkalan Baros, Sukabumi.

Hal yang dilakukan warga Pangkalan Baros terbilang cukup unik, ide tidak biasa dan sangat kreatif. Bagaimana tidak, mereka membuat pocong dan kemudian diletakkan di Pemakaman Pengkalan, RT 03/06 Kelurahan Sudajayahilir, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi.

Ya, membuat pocong-pocongan itu menjadi hal biasa dilakukan warga Pangkalan Baros, Kota Sukabumi. Di HUT Kemerdekaan RI tahun lalu, mereka juga melakukan hal sama.

Menurut Ketua RW 06 Aceng (36 tahun) menyebut tiga Pocong itu bukan sedang atau untuk menakuti-nakuti. Ketiga Pocong itu karya warga setempat dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-77.

Baca Juga: Roti Sundel Bolong sampai Pocong Hijau, Ini Teka-teki MPLS dan Jawabannya

"Iya, memeriahkan kemerdekan, biasanya tahun-tahun sebelumnya banyak, tahun 2021 kemarin ada 9 Pocong di sini (pemakaman Pangkalan)," kata Aceng mengutip dari Sukabumiupdate--jaringan Suara.com

Ketiga pocong yang dibuat warga itu dipasang sejak tanggal 7 Agustus 2022. Ketiganya dibuat dari pohon hanjuang lalu ditutup kain kafan dan mukena bekas, kemudian diikat menggunakan tali sampai menyerupai Pocong.

"Paling 20 hari, tgl 19 dibongkar, itu kainnya ada yang dari kain kafan, yang duanya dari mukena, yang jelas ini bukan untuk nakut-nakuti warga disini juga mendukung semua, Malahan waktu camat ke sini (hebat inisiatif sendiri) Pak wali sempet lihat (tahun kemarin),"

Disampaikan oleh Aceng, membuat pocong-pocongan itu selain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI juga menjadi pengingat akan kematian.

"Mengingatkan, Sifatnya manusia pasti berpulang semua.itu salah satu pesan, untuk penampakan disini tidak ada, Saya hampir 15 tahun nggak pernah ada. Tapi tahun kemarin ada yang cerita bikin 9 tapi ternyata 10 mungkin halusinasi saja itu mah," jelasnya.

Baca Juga: Pengunjung Marah Pukul Pocong di Wahana Rumah Hantu, Warganet: Ras Terkuat di Bumi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait