Mengenal Sosok Amir Machmud, Jenderal Asal Cimahi di Balik Terbitnya Supersemar

Amir Machmud ialah sosok prajurit TNI asal Cibeber, Kota Cimahi kelahiran 21 Februari 1923.

Andi Ahmad S
Kamis, 06 Oktober 2022 | 10:39 WIB
Mengenal Sosok Amir Machmud, Jenderal Asal Cimahi di Balik Terbitnya Supersemar
Jalan Jenderal Amir Machmud di Kota Cimahi [Ferry/Suarajabar.id]

SuaraJabar.id - Amir Machmud menjadi salah satu sosok penting dibalik berdirinya TNI yang kini sudah berusia 77 tahun. Ia salah satu jendral dibalik terbitnya Surat Sebelas Maret atau dikenal Supersemar.

Amir Machmud ialah sosok prajurit TNI asal Cibeber, Kota Cimahi kelahiran 21 Februari 1923. Ia merupakan anak ketiga dari pasangan Atang dan Nyimas Ganirah, yang namanya pun dijadikan nama sebuah jalan di wilayah Cibeber.

"Amir Machmud ini memang asli orang Cimahi," ucap Ketua Komunitas Tjimahi Heritage Machmud Mubarok saat dihubungi Suara.com pada Rabu (5/10/2022).

Kisah seorang Amir menjadi prajurit sudah dimulai sejak muda. Saat Jepang masuk menjajah Indonesia, ia mengikuti pendidikan PETA. Amir Machmud pernah mengikuti pelatihan di Kamp Tjimahi, hingga akhirnya dipindahkan ke Bogor.

Baca Juga:Komnas HAM Periksa Polisi dan TNI, Hasil Investigasi: Pemantik Tragedi Kanjuruhan Diduga karena Gas Air Mata

Setelah Indonesia menyatakan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, Amir pun menjadi bagian Badan Keamanan Rakyat (BKR) , Tentara Keamanan Rakyat (TKR), Tentara Republik Indonesia (TRI) hingga Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Tahun 1946 setelah TKR didirikan, BKR Lembang diintergrasikan dengan Kodam VI/Siliwangi yang merupakan komando Regional militer yang bertanggungjawab atas keamanan di Jawa Barat, Amir Machmud dipindahkan ke Bandung Utara.

"Dimana ia membiarkan pasukannya dalam pertempuran melawan pasukan Inggris dan pasukan Belanda, yang sangat ingin mempertahankan wilayah kolonial mereka," kata Machmud.

Tahun 1948, Amir Machmud bergabung dengan pasukannya dalam pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Madiun. Kemudian setahun setelahnya, ia kembali ke Jawa Barat setelah dipindahkan ke luar daerah usai perjanjian Renville ditandatangani.

Amir langsung terlibat dalam pertempuran melawan gerakan Darul Islam, kelompok separatis yang ingin mendirikan Indonesia yang teokratis dibawah Agama Islam.

Baca Juga:Bobotoh Minta Jonathan Bauman Kembali Ke Persib

"Pada tahun 1950, Amir Machmud juga terlibat dalam penumpasan terhadap Angkatan Perang Ratu Adil (APRA), sebuah kelompok militer yang masuk ke Bandung dan mulai membidik prajurit TNI," ungkap Machmud.

News

Terkini

"Jadi di Indonesia ini sudah identifikasi 295 patahan aktif. Namun patahan Cugenang yang ini belum termasuk yang teridentifikasi," ujar Dwikorita.

| 21:29 WIB

"Bahkan elektabilitas beberapa capres papan tengah, seperti Sandiaga Uno, Erick Thohir, dan Agus Harimurty Yudhoyono (AHY) memperlihatkan trend menurun," ujarnya.

News | 15:23 WIB

"Jika Hery Jung berhasil ditahan maka selanjutnya tinggal satu nama yang harus terus diusut secara tuntas yaitu Heru Darmanto," kata Manajer Advokasi Walhi Jabar, Iwank.

News | 14:49 WIB

Diketahui, guncangan kuat gempa bumi yang berpusat di darat wilayah Sukabumi merupakan gempa intraslab atau gempa Benioff.

News | 13:12 WIB

Mereka berbondong-bondong berangkat dari desa masing-masing menggunakan mobil angkutan kota sejak pukul 05.00 WIB.

News | 10:34 WIB

Sigit meninjau langsung tempat kejadian bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar sekaligus menjenguk korban bom bunuh diri di Rumah Sakit Immanuel.

News | 10:02 WIB

"Ada petugas di depan polsek, dari selatan ke utara saja satu jalur," kata Deden.

News | 09:57 WIB

Sukabumi, Jawa Barat Kamis (8/12) pagi diguncang gempa bumi.

News | 08:12 WIB

Kapolri langsung menyalami pejabat-pejabat di lingkungan Polda Jawa Barat. Kemudian Listyo masuk ke area Polsek Astanaanyar setelah anggotanya melakukan sterilisasi.

News | 13:39 WIB

Kepala Bagian Bantuan Operasi Densus 88 Antiteror Polri Komisaris Besar Aswin Siregar mengatakan penyidik Densus 88 sudah berada di lokasi Polsek Astanaanyar Bandung.

News | 12:33 WIB

Selain itu, dia menambahkan ada delapan orang lain mengalami luka-luka, yang tujuh di antaranya adalah anggota polisi dan seorang warga.

News | 12:20 WIB

Pelaku bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar meninggalkan pesan yang tidak biasa sebelum aksinya dilakukan pada Rabu pagi.

News | 11:20 WIB

Ledakan yang terjadi sekitar jam 08.20 WIB tadi mengakibatkan satu orang terduga pelaku ledakan meninggal dunia dan tiga petugas polisi terluka.

News | 10:33 WIB

Kapolres juga menyiagakan petugas penjagaan komando yang melaksanakan tugas bersifat preventif guna mengamankan markas komando maupun lingkungan sekitar.

News | 10:24 WIB

Meski ditutup, sejumlah warga berhenti dan mendekati penutupan jalan tersebut untuk melihat situasi di kawasan itu.

News | 10:09 WIB
Tampilkan lebih banyak