Wowon Bawa Kabur Uang Puluhan Juta sebelum Habisi Nyawa Halimah

"Waktu itu ke keluarga bilangnya ngojek di Cianjur. Keluarga tidak setuju. Cerai dengan Ahal (mantan suami Halimah) diganggu oleh Wowon," sebut Misbah.

Ari Syahril Ramadhan
Senin, 23 Januari 2023 | 16:53 WIB
Wowon Bawa Kabur Uang Puluhan Juta sebelum Habisi Nyawa Halimah
Makam Halimah, korban pembunuhan berantai atau serial murder dari trio serial killer Wowon Aki (60) bersama Solihin alias Duloh (63) dan M Dede Solehudin. [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]

SuaraJabar.id - Misbah (43) menceritakan sosok Wowon Erawan alias Aki (60), salah satu tersangka pembunuhan berantai serial murder. Misbah ialah adik Halimah, korban trio serial killer di Bekasi dan Cianjur.

Misbah mengungkapkan Halimah sempat membawa Wowon ke rumah keluarga besarnya di Desa Karangtanjung, Desa Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Namun ia lupa kapan waktunya.

"Wowon sempat dibawa ke sini sama almarhum (Halimah). Sempet dia ngomong sama bapak saya bahwa dia mau kawin," ungkap Misbah pada Senin (23/1/2023).

Hanya saja saat itu keluarga Halimah tidak setuju lantaran usia Wowon yang sudah terlalu tua. Ditambah lagi Wowon disebut menjadi penganggu hubungan Halimah dengan suami sebelumnya.

Baca Juga:DPC PDIP KBB Optimis Raih Suara Terbanyak di Pileg 2024

Kemudian Wowon yang mengaku sebagai tukang ojek itu pulang ke Cianjur.

"Waktu itu ke keluarga bilangnya ngojek di Cianjur. Keluarga tidak setuju. Cerai dengan Ahal (mantan suami Halimah) diganggu oleh Wowon," sebut Misbah.

"Setelah itu kita tidak komunikasi lagi. Nah tiba-tiba anaknya yang di sana, lapor ke kita kalau Halimah sudah nikah sama Wowon. Jadi kita nggak tahu juga kapan nikahnya," ungkap Misbah.

Kabar pernikahan itu membuat hubungan Halimah dengan keluarga besar putus seketika. Sampai akhirnya kabar duka tersiar di tahun 2016, Halimah meninggal dunia karena sakit yang aneh. Halima sebelumnya pernah bekerja di luar negeri sebagai TKI.

"Jadi dapat laporan itu pas dia (Halimah) sakit, sakitnya kan agak aneh juga. Saya sempat jenguk di Cianjur, setelah itu beberapa hari langsung meninggal," beber Misbah.

Baca Juga:Ragam Modus Wowon Cs 'Serial Killer' Pikat Korban: Ajak Nikah hingga Ikut Minum Kopi Racun

Selama sakit sampai Halimah meninggal dunia, Misbah tak sekalipun melihat batang hidung Wowon. Ia hanya pernah bertemu Wowon sekali, yaitu kala dibawa oleh Halimah ke Cililin.

"Jadi Wowon ini nggak pernah muncul. Malah cerita dari kakak saya sebelum meninggal, si Wowon itu justru bawa kabur uang punya kakak saya Rp 30 juta. Kakak juga sakitnya karena ulah si Wowon sama Duloh," ujar Misbah.

Kemudian Misbah kaget usai mengetahui bahwa Ai Maemunah yang merupakan anak Hakima dengan mantan suaminya ternyata dinikahi Wowon.

"Nah waktu nikah sama keponakan saya juga (Ai Maemunah), itu kita keluarga nggak tahu. Jadi tahu-tahu sudah nikah saja. Karena Ai juga jarang komunikasi sama saya dan keluarga," ucap Misbah.

Kesedihan Misbah sepeninggal Halimah di tahun 2016, diperparah dengan kematian Ai Maemunah dan tiga anaknya. Yakni Ridwan dan Riswandi hasil dari pernikahannya dengan Didin. Serta Bayu, anak kandung Wowon dan Ai.

"Jadi saya kehilangan 5 anggota keluarga, kakak saya Halimah, keponakan saya Ai, sama cucu saya Ridwan, Riswandi, sama Bayu. Semuanya dibunuh sama si Wowon dan Duloh," tandas Misbah.

Wowon sendiri diketahui punya enam istri, empat orang di antaranya tewas dibunuh oleh Wowon dan partner in crime-nya, Solihin alias Duloh (63). Keempat istri Wowon yang tewas ialah Ai Maimunah, Farida, Wiwin, dan yang terbaru berhasil diungkap polisi ialah Halimah.

Kontributor : Ferrye Bangkit Rizki

News

Terkini

Nantinya hasil buyback akan dibagikan kepada pegawai.

News | 14:00 WIB

"Yang pasti venue lomba ini akan digelar di Bandung dan bukan di jalan umum, dan akan dilaksanakan di area yang luas," ujarnya soal Balapan Peti Sabun.

News | 12:22 WIB

"Jadi terdengar sama saya itu ditanya 'anggota XTC atau bukan?'. Korban jawab bukan. Nah mungkin langsung dibacok di situ," ujar saksi di lokasi kejadian.

News | 19:34 WIB

Ciro Alves yang kemudian lepas dari kawalan pemain belakang PSS kemudian memperdaya kiper M Ridwan hingga bola bersarang di gawang PSS.

News | 18:11 WIB

Luar biasa, hampir semua lagu saya nantikan, ujar Prabowo Subianto.

News | 17:23 WIB

"Kalau yang Samarang saja dari 45 ke 182, nah ini yang Pasirwangi ini belum selesai, karena lebih banyak yang Pasirwangi," kata Wakil Bupati Garut.

News | 21:00 WIB

"Butuh keseriusan pemerintah daerah agar masalah ini tidak semakin berlarut-larut karena banyak aspek yang harus dipenuhi," kata Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi.

News | 17:05 WIB

Saat ini layanan AgenBRILink telah menjangkau 58.896 desa di seluruh pelosok Indonesia.

News | 17:00 WIB

Semua kerja sama ini terintegrasi secara sistem.

News | 21:00 WIB

"Nah dari Laswi itu masih (dikaji) antara ke kanan ke Jalan Sukabumi atau lurus kemudian ke Jalan Diponegoro, turunnya di Pusdai," kata Yana Mulyana.

News | 20:39 WIB

Ajakan ini dalam rangka penyelenggaraan BRI Fellowship Journalism 2023.

News | 19:30 WIB

"Kelihatannya mungkin overheat juga ya, mungkin, ya, tapi tentunya ini jadi bahan evaluasi rumah sakit juga gitu," kata Yana Mulyana.

News | 18:18 WIB

Program BRI Peduli senantiasa turut berperan aktif.

News | 14:30 WIB

Saya lari tapi ketangkep terus saya dipukuli oleh 3 sampai 4 orang dengan benda yang mirip pistol," ujar warga Pangandaran itu.

News | 12:46 WIB

"Bapak sudah menjalani operasi kemarin 30 Januari pukul 17.00 sampai 18.00 WIB di RSU Santosa karena memang ada penyumbatan pembuluh darah ke jantung,"ujarnya.

News | 14:33 WIB
Tampilkan lebih banyak