Ari Syahril Ramadhan
Prajurit TNI menggelar kegiatan vaksinasi door to door di malam hari di Kabupaten Subang. [Pendam III Siliwangi]

SuaraJabar.id - Tak sedikit warga yang bekerja dari pagi hingga sore hari, sehingga mereka agak kesulitan untuk mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19.

Seperti yang dialami warga Kabupaten Subang yang berprofesi sebagai petani. Mereka sejak pagi hingga sore hari harus bekerja di ladang dan sawah sehingga belum sempat mengikuti vaksinasi.

Tak ayal, kondisi ini membuat tak sedikit warga yang belum mengikuti vaksinasi dan dapat menghambat target herd immunity atau kekebalan bersama.

Melihat kondisi tersebut, Kodim 0605/Subang, Koramil 0510/Binong, dan Batalyon Infanteri (Yonif) 312/Kala Hitam mengambil inisiatif untuk menggelar kegiatan vaksinasi di malam hari.

Baca Juga: WNA Timur Tengah Penyiram Air Keras ke Istrinya Ditangkap di Bandara saat akan Kabur

Kapendam Siliwangi, Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto mengatakan, Pangdam Siliwangi telah memerintahkan jajarannya untuk mengejar target vaksinasi melalui metode door to door.

Untuk mengejar target vaksinasi, selain dilakukan door to door di siang hari, mereka juga melaksanakannya di malam hari.

“Alhamdulillah dengan cara ini mendapatkan hasil yang signifikan, sehingga disebut 'Gerakan Sinovac' yang diartikan Silaturahmi dan Anjangsana Sambil Vaksinasi,” ungkap Kapendam selepas olah raga jalan santai di Taman Pule Kodam III/Slw Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Minggu (21/11/2021) pagi.

Di Dusun Cigadung Subang yang berada di wilayah Koramil 0510/Binong misalnya, banyak warga yang belum divaksin dengan alasan pergi ke ladang untuk bertani saat pelaksanaan vaksinasi di siang hari. 

"Dandim 0605/Subang kemudian memberikan perintah kepada para Danramil untuk melakukan vaksinasi di malam hari, dengan menerjunkan tim nakes dari Poskes 03.10.05 Subang serta nakes Yonif 312/KH,” tukas Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto.

Baca Juga: Pemprov Kaltim kejar Target Pencapaian Vaksinasi 70 Persen untuk 3,7 Juta Penduduknya

Selain di Subang, puskesmas-puskesmas di Kabupaten Cianjur juga membuka layanan vaksinasi di malam hari.

Komentar