Puncak Arus Mudik di Jalur Nagreg Diprediksi Terjadi Besok

Dwi Bowo Raharjo
Puncak Arus Mudik di Jalur Nagreg Diprediksi Terjadi Besok
Ilustrasi kendaraan melintasi terowongan ruas jalan Lingkar Nagreg, Bandung, Jabar. [Antara/Fahrul Jayadiputra]

Kendaraan roda dua yang melintasi jalur Nagreg masih jadi yang terbanyak dibandingkan jenis kendaraan lainnya.

Suara.com - Kepala Seksi Promosi dan Kemitraan Keselamatan Dishub Kabupaten Bandung, Eric Alam Prabowo memprediksi puncak arus mudik di jalur selatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat akan terjadi pada Sabtu (1/6/2019) besok. Kepadatan diperkirakan akan meningkat pada H-4 lebaran.

"Puncak arus mudik 2019 di Nagreg kemungkinan terjadi besok," ucap Eric kepada Suara.com di posko angkutan lebaran Nagreg, Jumat (31/5/2019).

Prediksi itu, kata dia, karena libur serentak pegawai dimulai pada Sabtu besok. Sehingga pemudik yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya kemungkinan akan memulai perjalanan mudik pada Jumat malam, dan sampai di Nagreg pada dini hari.

"Ya antara Sabtu atau Minggu ya, karena kan sekarang (Jumat) hari terkahir kerja, jadi kemungkinan mulai dini hari nanti pemudik dari arah Jakarta akan melewati jalur Nagreg," jelasnya.

Kendaraan yang melintasi jalur Nagreg memang mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya berdasarkan data Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung. Meski belum signifikan, tapi kendaraan yang melintasi jalur Nagreg dari arah barat mulai ramai.

"Mengalami kenaikan sebesar 9,74 persen dibandingkan tahun sebelumnya dengan waktu yang sama yakni sampai pukul 13.00 WIB," tukasnya.

Kendaraan yang melintasi Nagreg hingga pukul 13.00 WIB, tercatat sebanyak 34.160 unit kendaraan. Sementara pada 2018 lalu jumlah kendaraan yang melewati Nagreg hanya sebanyak 31.128 unit.

Kendaraan roda dua yang melintasi jalur Nagreg masih jadi yang terbanyak dibandingkan jenis kendaraan lainnya.

"Motor masih mendominasi sebanyak 63 persen, kalau mobil pribadi 29 persen, sisanya truk dan bus," kata dia.

Pantauan Suara.com, mulai dari daerah Cileunyi hingga ke arah Nagreg, pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua tampak cukup banyak. Kondisi lalu lintas pun terpantau ramai lancar.

Pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua memang cukup mudah dikenali karena selalu khas dengan barang bawaan yang cukup banyak, semisal dus berwarna coklat terang terikat di bagian belakang kendaraan.

Kontributor : Aminuddin

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS