Viral Foto Kuda Tergeletak Lemas di Jalan, Begini Kata Pemiliknya

Chandra Iswinarno
Viral Foto Kuda Tergeletak Lemas di Jalan, Begini Kata Pemiliknya
Tangkapan layar dari Akun Facebook Setiabudi Laratsemi. [Facebook]

Nurdiansyah membantah kudanya tergeletak di tengah jalan karena kelelahan bekerja.

Suara.com - Foto seekor kuda penarik dokar yang tergeletak lemah di tengah jalan mendadak viral di media sosial. Bukan tanpa sebab, kuda tersebut diduga mengalami kelelahan karena dipaksa bekerja.

Dalam foto tersebut menampilkan kuda berwarna hitam tengah tergeletak lemas di seputaran Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat serta kakinya yang masih terikat dengan tali pengikat dokarnya.

Sedangkan, dokarnya mengalami kerusakan cukup parah pada bagian atap dan rodanya. Kemudian, di dalam foto itu juga terlihat beberapa orang sedang mengerumuni kuda di tengah jalan tersebut.

Foto tersebut diketahui diunggah oleh akun media sosial Facebook bernama Setiabudi Laratsemi. Sontak, banyak netizen yang mengkritik pemilik kuda yanh memaksa hewan itu bekerja hingga kelelahan.

Saat ditelusuri, kuda dalam foto merupakan milik Nurdiansyah (35) warga Kampung Cikempong, Cibinong, Kabupaten Bogor. Ia membantah kudanya tergeletak di tengah jalan karena kelelahan bekerja.

"Viralnya kan kuda itu kecapean, padahal bukan. Kudanya masih hidup kok itu dan sehat," kata Nurdiansyah, kepada wartawan, Jumat (14/6/2019).

Nurdiansyah menceritakan foto kudanya yang viral di media sosial itu tengah menarik wisatawan dengan kusir bernama Dio (15) di seputaran Stadion Pakansari pada Minggu (9/6/2019) lalu.

Saat kejadian, bokong Kuda Sumba yang diberi nama Abi dipegang oleh wisatawan yang sedang menaikinya. Sehingga kuda itu pun terkejut dan berlari kencang tanpa arah.

Pemilik kuda yang sempat viral di media sosial memberikan makan di kandang. [Suara.com/Rambiga]
Pemilik kuda yang sempat viral di media sosial memberikan makan di kandang. [Suara.com/Rambiga]

"Yang benar ternyata kuda ini digodain dan dipukul sama penumpang. Padahal, kusir sudah melarang penumpangnya dari awal untuk tidak memegang bokong kudanya tetapi malah dipegang," jelasnya.

Kemudian, kuda tersebut hampir menabrak mobil didepannya. Karena panik, sang kusir menarik tali pengakit sekuat tenaga hingga kuda jantan itu terjatuh ke sisi kanan di tengah jalan raya.

Beruntung, wisatawan yang menaiki dokar tidak mengalami luka serius. Sedangkan, kuda tergeletak di tengah jalan karena tali pengait melilit di kakinya.

"Kusirnya mungkin panik, akhirnya tali pengikat kuda itu langsung ditarik dan kudanya dijatuhkan ke arah kanan menghindari tabrakan. Kudanya juga masih sehat kok, masih bisa lari," ungkap Nurdiansyah.

Untuk itu, Nurdiansyah menyangkal bahwa foto kudanya tergeletak di jalan karena kelelahan dipaksa bekerja. Menurutnya, semua kuda yang dimilikinya sangat diperhatikan stamina dan kondisinya.

"Saya itu memberi makan kudanya itu tiap dua jam sekali. Misalnya narik pagi nanti siangnya istirahat kasih makan, terus narik lagi dua jam, makan lagi. Jadi kuda ini tidak ada yang kelelahan," tandasnya.

Kontributor : Rambiga

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS