Pemkab Bekasi Buka Ribuan Lowongan Kerja Tenaga Lokal, Minat?

Dwi Bowo Raharjo
Pemkab Bekasi Buka Ribuan Lowongan Kerja Tenaga Lokal, Minat?
Ilustrasi mencari pekerjaan, mencari karyawan, job search, lowongan kerja [shutterstock]

"Ada 4 kawasan industri yang membuka lowongan kerja bagi warga khusus."

Suara.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi membuka ribuan lowongan kerja khusus untuk tenaga lokal. Sebanyak 1.937 lowongan kerja di kawasan industri itu diharapkan mampu menekan angka pengangguran.

"Ada 4 kawasan industri yang membuka lowongan kerja bagi warga khusus, bagi warga Kabupaten Bekasi yang masing menganggur," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Edi Rochyadi kepada Suara.com, Selasa (9/7/2019).

Empat kawasan yang membuka lowongan kerja itu adalah MM2100 dengan kuota 523 lowongan kerja, Deltamas dan Greenland International Industrial Center sebanyak 182, serta East Jakarta Industrial Center (EJIP) sebanyak 1.232.

Edi menuturkan, penyediaan bursa lowongan kerja itu hasil dari tinjauan pemerintah setempat ke sejumlah kawasan dan perusahaan.

Meski demikian, Pemkab Bekasi menyadari jika masih banyak warganya yang membutuhkan pekerjaan sebagai sumber perekonomian.

"Karena itu kemungkinan besar akan terus bertambah. Kita akan terus berkomitmen untuk mengedepankan warga lokal di zona industri ini," ujar dia.

Ia kemudian meyakini lowongan kerja akan terus bertambah untuk warga lokal seiring dengan diteruskannya kunjungan langsung Dinas Tenaga Kerja ke perusahaan.

Kunjungan itu dilakukan untuk mensosialisasikan Peraturan Bupati nomor 9 tahun 2019 yang berisikan tentang dorongan untuk memberi ruang bagi tenaga kerja lokal.

Edi kemudian menyebut program menciptakan lapangan pekerjaan menjadi salah satu program dari empat prioritas pemerintah saat ini. Pertama kesehatan, kemudian pendidikan, infrastruktur, lalu tenaga kerja.

Kemudian ia berharap semua perusahaan di kawasan industri ikut membantu peemrintah setempat menekan angka pengangguran di Kabupaten Bekasi.

"Kami meminta semua perusahaan mengalokasikan 30 persen dari jumlah karyawannya untuk warga Kabupaten Bekasi," ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam dua pekan terakhir, Pemerintah Kabupaten Bekasi melakukan kunjungan ke perusahaan. Kunjungan dipimpin langsung Bupati Eka Supria Atmaja. Dari hasil kunjungan, didapat informasi kebutuhan tenaga kerja dari perusahaan khusus untuk warga Kabupaten Bekasi.

Kontributor : Mochamad Yacub Ardiansyah

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS