Peringati Kemerdekaan, Warga Bogor Kibarkan Bendera di Puncak Gunung Munara

Bangun Santoso
Peringati Kemerdekaan, Warga Bogor Kibarkan Bendera di Puncak Gunung Munara
Pengibaran bendera merah putih raksasa di puncak Gunung Munara, Bogor memperingati HUT Kemerdekaan ke-74. (Foto: Istimewa)

Sebelum dikibarkan di puncak Gunung Munara, bendera raksasa terlebih dahulu diarak sejauh 3 kilometer

Suara.com - Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74, ratusan warga Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengarak bendera merah putih berukuran besar dan mengibarkannya di puncak Gunung Munara.

Kegiatan yang dinisiasi oleh komunitas pecinta alam bernama The Green itu dimulai dengan aksi berjalan mengarak bendera merah putih sepanjang 22 meter dan lebar 8 meter dari Kantor Kecamatan Rumpin.

Bendera tersebut kemudian dibawa menyusuri jalan menuju Gunung Munara sejauh tiga kilometer. Setelah itu, beberapa pemuda mendaki gunung tersebut untuk mengibarkan bendera di puncak ketinggian 376 Mdpl.

Sopur selaku pembina Komunitas The Green Sopur Sopansyah mengatakan bahwa kegiatan tersebut agenda rutin tahunan yang bertujuan untuk memeriahkan HUT RI.

"Tujuannya memeriahkan HUT RI dan menambah rasa nasionalisme warga Rumpin, karena di sini juga terdapat pahlawan yang dulu ikut memperjuangkan kemerdekaan," kata Sopur, Rabu (14/8/2019).

Selain itu, pengibaran bendera raksasa di puncak Gunung Munara dimaknai untuk mengenang perjuangan para pahlawan dahulu yang bersusah payah merebut kemerdekaan Indonesia dari penjajah.

"Pahlawan susah payah berjuang agar kita merdeka. Kita maknai itu dengan mendaki Gunung Munara dan mengibarkan bendera di puncak," katanya.

Kontributor : Rambiga

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS