Mal Pelayanan Publik di Bogor Jadi yang Pertama di Jawa Barat

Chandra Iswinarno
Mal Pelayanan Publik di Bogor Jadi yang Pertama di Jawa Barat
Mal Pelayanan Publik pertama di Jawa Barat diresmikan di Bogor oleh MenpanRB Syafruddin pada Senin (26/8/2019). [Suara.com/Rambiga]

Mal pelayanan publik tersebut merupakan ke-17 di Indonesia dan pertama di Jawa Barat.

Suara.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Lippo Plaza, Kota Bogor.

Mal pelayanan publik tersebut merupakan ke-17 di Indonesia dan pertama di Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Syafruddin berharap pelayanan publik ini dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang terintigrasi dalam satu tempat.

"MPP ini salah satu inovasi program pemerintah kita sekarang. Guna mendukung akselerasi pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Dimana dengan sistem online, sehingga yang telayani tidak pelu mengantre dan terpadu dalam satu titik," kata Syafruddin dalam sambutannya, Senin (26/8/2019).

Ia menambahkan, dalam lima tahun terakhir inovasi untuk pelayanan publik terus dikembangkan yang jumlahnya mencapai 14 ribu pelayanan publik.

"Untuk MPP sendiri, kami berkomitmen untuk membangun 35 lagi. Sehingga MPP serupa menjadi 52 dan hanya Bogor yang menggunakan sistem aplikasi. Mungkin bisa menjadi pilot project untuk yang akan mengembangkan MPP," papar Syafruddin.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan ada 145 jenis pelayanan dari 14 instansi untuk melayani masyarakat di MPP dengan mengedepankan teknologi dan komunikasi.

"MPP Bogor mengedepankan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan publik dan merupakan ikhtiar untuk ikut serta dalam gerbong reformasi birokrasi yang transparan dan real time. Dan kami berupaya agar MPP ini tidak sekedar melayani, tetapi juga memudahkan masyarakat," ungkap Bima.

Kontributor : Rambiga

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS