Tabrakan Beruntun Tol Cipularang, Polisi Sulit Evakuasi 4 Mobil Terbakar

Agung Sandy Lesmana
Tabrakan Beruntun Tol Cipularang, Polisi Sulit Evakuasi 4 Mobil Terbakar
Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang KM 92. (Instagram/terasjabar.id)

Menurutnya, petugas masih terkendala untuk mengevakuasi kendaraan yang mengalami kebakaraan akibat insiden kecelakaan tersebut.

Suara.com - Kasatlantas Polres Purawakarta AKP Ricky Adi Pratama menyebutkan jika ada empat unit kendaraan yang terbakar terkait insiden tabrakan beruntun di Tol Cipularang, Kilometer 91, arah Jakarta, hari ini.

Menurutnya, petugas masih terkendala untuk mengevakuasi kendaraan yang mengalami kebakaraan akibat insiden kecelakaan tersebut.

"Kendalanya tabrakan berunttun ini ada 21 kendaraan, 4 kendaraan terbakar. 3 kendaraan pribadi dan 1 truk engkol," kata Ricky di lokasi, Senin (2/9/2019).

Hingga kini, petugas masih melakukan pemadaman terhadap empat mobil yang terbakar dalam insiden tersebut. Dia mengatakan, total kendaraan yang terlibat dalam kasus kecelakaan maut ini ada 21 unit.

Dia mengatakan ada sebanyak 17 mobil yang sudah dievakuasi petugas dari ruas tol Cipularang. Terkait insiden kecelakaan tersebut, Ricky juga mengimbau agar pengedara berhati-hati melintas di Tol Cipularang.

"Ini jalannya agak turun menurun. Masyarakat makanya diimbau harus hati-hati," katanya.

Sebelumnya, Kapolres Purwakarta AKBP Matrius mengatakan, banyak faktor yang memicu adanya kecelakaan yang melibatkan 21 mobil. Dugaan sementara, penyebab terjadinya kecelakaan itu akibat mobil truk pengangkut tanah yang terguling dan menutup jalan.

"Ada dumptruk pengangkut tanah terguling, jadi menutupi jalan. Jalan menurun, menghalangi pengemudi. Kecelakanan ini terjadi di jalan menurun, dumptruk oleng dan menutup badan jalan," kata Matrius.

Dari hasil penyelidikan sementara, tergulingnya mobil dumptruk tersebut karena pengemudi kurang konsentrasi. Selian itu, dugaan penyebab mobil tersebut itu karena kelebihan kapasitas.

Meski demikian, saat ini polisi masih menyelidiki lebih mendalam penyebab insiden kecelakaan tersebut.

"Terguling itu bisa disebabkan muatan melebihi batas, jalanan yang jelas menurun. atau faktor mengemudinya lelah atau ngantuk," kata dia.

Total korban yang meninggal dunia dalam kasus ini sebanyak 9 orang. Empat dari sembilan korban tewas itu terbakar saat kejadian. Sedangkan korban luka ada sebanyak 8 luka-luka dan kini sudah dibawa ke rumah sakit.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS