Sampah Rumah Tangga di Aliran Kali Jambe Kembali Mengular Hingga 200 Meter

Chandra Iswinarno
Sampah Rumah Tangga di Aliran Kali Jambe Kembali Mengular Hingga 200 Meter
Sampah mengular di Kali Jambe Kabupaten Bekasi Jawa Barat. [Suara.com/M Yacub]

Sampah yang menumpuk di Kali Jambe didominasi sampah rumah tangga seperti plastik. Bahkan, terlihat juga perabot rumah tangga.

Suara.com - Tumpukan sampah yang mengular ratusan meter kembali terjadi di Kali Jambe. Jika sebelumnya tumpukan sampah terjadi di Desa Karang Satria, kini berada di Desa Satria Jaya, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Sampah yang menumpuk di Kali Jambe didominasi sampah rumah tangga seperti plastik. Bahkan, terlihat juga perabot rumah tangga seperti selimut dan kasur busa serta kedebong pisang.

Ketua RW 12 Desa Satria Jaya Ruslan mengatakan tumpukan sampah itu terjadi setelah turun hujan pada Minggu (27/10/2019) lalu. Sampah tersebut menumpul di atas aliran sungai dan berakhir di wilayahnya.

"Jadi ini bukan sampah warga kami, dari warga lain yang membuang sampah sembaranag, kena hujan mengalir kesini," kata Ruslan pada Rabu (30/10/2019).

Ruslan sendiri telah melaporkan kejadian ini kepada pejabat perangkat desa setempat. Namun, sampai kini belum ada tindakan agar sampah yang mengular lebih dari 200 meter ini.

"Sudah saya laporkan dengan meminta diangkut, sebabdari sampah ini berpengaruh kepada lingkungan kami. Banyak lalat kalau siang hari, dan nyamuk kalau malam," ungkapnya.

Sekretaris Desa Satria Jaya Muhammad Jamaludin mengaku sudah mengetahui tumpukan sampah itu dan telah menindaklanjuti kepada Dinas Kebersihan Kabupaten Bekasi.

"Iya benar, sudah ada laporan dan sudah kami laporkan kembali kepada Dinas Kebersihan," kata Jamal saat dihubungi.

Ia mengatakan, kekinian masih melakukan koordinasi untuk mengangkut sampah yang menumpuk di Kali Jambe.

"Intinya kami dari perangkat desa sudah meminta agar cepat ditindaklanjuti, karena warga sudah banyak mengeluh," tegas dia.

Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Supriyanto mengatakan, instansinya siap mengangkat sampah tersebut. Hanya saja, pihaknya tak memiliki alat berat sebagai penunjang pembersihan.

"Kami meminta Dinas PUPR menurunkan alat berat, jika ada alat berat, kami siap mengangkat sampah itu," singkat dia.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu tumpukan sampah pernah terjadi sepanjang 500 meter di Kali Jambe, Desa Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Kontributor : Mochamad Yacub Ardiansyah

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS