Geger Patung Maung Roboh, Pelaku Diduga ODGJ

Chandra Iswinarno
Geger Patung Maung Roboh, Pelaku Diduga ODGJ
Patung Maung Bandung di Simpang jalan Wastukencna- Braga, Kota Bandung, Minggu (12/5/2019). [Ayobandung.com]

Dugaan tersebut juga diperkuat, lantaran sebelumnya ada satu ODGJ yang biasa mangkal di Jalan Viaduct, Kota Bandung.

SuaraJabar.id - Warga Kota Bandung dikejutkan dengan kabar robohnya salah satu patung maung yang berada di persimpangan Jalan Braga-Wastukencana-Perintis Kemerdekaan pada Kamis (6/2/2020) dini hari.

Meski begitu, robohnya patung maung diduga dilakukan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Kepala Seksi Estetika Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung Juhatin juga membenarkannya. Dia mengemukakan, setelah diselidiki penyebab robohnya patung maung diduga karena ulah ODGJ.

"Itu mah kayaknya orang gila, karena ada tongkat bambu di situ teh," ujarnya saat dihubungi Ayobandung.com-jaringan Suara.com pada Kamis (6/2/2020).

Dugaan tersebut juga diperkuat, lantaran sebelumnya ada satu ODGJ yang biasa mangkal di Jalan Viaduct, Kota Bandung. ODGJ tersebut diketahui kerap merusak sejumlah fasilitas umum. Bahkan pernah naik ke patung maung di kawasan Cicendo.

"Saya pernah perhatikan beberapa kali. Saya mah tetap konsentrasi ke orang gila itu lagi," tutur Juhatin.

Dia mengatakan, robohnya patung maung baru diketahui pihaknya pada Kamis pagi. Saat ini, katanya, patung tersebut sudah diamankan untuk diperbaiki.

"Sekarang (patung maung) sedang direvisi dibaguskan, karena kondisi kerusakannya cukup parah atau ancur pisan," katanya.

Untuk mengantisipasi agar hal yang sama tak terulang kembali, pihaknya akan memeriksa tugu patung maung yang ada. Selain itu, akan dilakukan pengecatan ulang agar terlihat lebih bagus.

"Tugunya dipulas (dicat) seluruh, jadi sedang dilakukan pengecekan sekarang," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS