Anak Terlantar Menginap di RS karena Keluarga Positif Corona, Ini Faktanya

Reza Gunadha | Husna Rahmayunita
Anak Terlantar Menginap di RS karena Keluarga Positif Corona, Ini Faktanya
Unggahan tiga anak terpaksa tinggal di RS karea keluarga positif corona. (Twitter/@puchaa)

"Setelah anak anaknya diperiksa rapid test, ternyata anak yang paling kecil usia 4th juga positif Covid," kata Hengky.

SuaraJabar.id - Kabar memilukan yang menyebut tiga orang anak terlantar dan terpaksa menginap di rumah sakit karena keluarganya positif terinfeksi virus corona viral di media sosial belum lama ini.

Informasi tersebut dibagikan lewat unggahan video pemilik akun Twitter @puchaa pada Rabu (1/4/2020). Video itu menampilkan tiga orang anak masuk ke lobi RSUD Cililin, Kabupaten Bandung Barat dengan menenteng tas besar.

Mereka kemudian disapa oleh petugas yang memakai alat pelindung diri dan diarahkan masuk ke dalam.Dalam video itu, terdapat pula tulisan yang menyebut tiga orang anak tersebut terpaksa tinggal di rumah sakit karena terlantar setelah keluarganya terjangkit virus coroa.

"Orangtua dan nenenya + Covid19 di rumah gak ada yang ngurusin, tetangga pada takut semua. Terpaksa dibawa ke RSUD Cililin. RSUD Cililin sudah pontang-panting mencari donasi untuk APD, barang kali ada yang bisa bantu," demikian tulisan tersebut seperti dikutip Suara.com, Minggu (5/4).

Wakil Bupati Bandung Barat Beri Klarifikasi

Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan memberikan klarifikasi setelah kabar tersebut ramai dibicarakan di media sosial.

Melalui akun Instagram terverifikasi miliknya, Hengky mengaku telah menghubungi pihak RSUD Cililin, lokasi tiga anak tersebut kekinian berada.

Unggahan tiga anak terpaksa tinggal di RS karea keluarga positif corona. (Twitter/@puchaa)
Unggahan tiga anak terpaksa tinggal di RS karena keluarga positif corona. (Twitter/@puchaa)

Ia membenarkan bahwa orangtua dan nenek dari tiga anak itu positif terinfeksi virus corona dan tengah menjalani perawatan di rumah sakit. 

"Bahwa benar adanya, terdapat satu keluarga pasien positif covid, yang mana, pasien pertama adalah Bapak jemaat GBI yang sekarang sudah di isolasi di RSHS, lalu ibu dan juga istri dari bapak tersebut juga positif covid, hingga akhirnya di isolasi di RSUD Cililin," tulis Hengky.

Kendati begitu, Hengky menampik kabar yang menyebut tiga anak itu terpaksa tinggal di rumah sakit karena terlantar.

Ia mengatakan, mereka juga harus menjalani isolasi lantaran anak paling bungsu dinyatakan positif terinfeksi corona seusai menjalani pemeriksaan.

Klarifikasi Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan soal anak terpaksa menginap di RS. (Instagram/@hengkykurniawan)
Klarifikasi Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan soal anak terpaksa menginap di RS. (Instagram/@hengkykurniawan)

"Setelah anak-anaknya diperiksa rapid test, ternyata anak yang paling kecil usia 4th juga positif Covid, sehingga seluruh anak anaknya juga harus diisolasi (jadi bukan terlantar karena orang tua positif ya, tapi juga harus ikut diisolasi)," imbuhnya.

Lebih lanjut, dalam keterangannya, Hengky menyebut kondisi kesehatan satu keluarga tersebut kekinian kondisi kesehatannya membaik dan mendapat pengawasan dari pemerintah setempat.

"Jadi anak anak itu aman bersama ibu dan neneknya yang dalam pantuan RSUD dan kami Pemerintah Daerah," kata Hengky, memungkasi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS