Warga Bogor Gelar Salat Ied di Masjid, Begini Suasananya

Bangun Santoso | Muhammad Yasir
Warga Bogor Gelar Salat Ied di Masjid, Begini Suasananya
Warga perumahan komplek Inkopad, Desa Sasakpanjang, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menggelar solat Idul Fitri di Masjid Al-Barokah, Minggu (24/5/2020). (Suara.com/M Yasir)

Saf jemaah yang melaksanakan ibadah salat Ied terlihat hingga ke area lapangan dan parkir masjid

SuaraJabar.id - Sejumlah warga perumahan komplek Inkopad, Desa Sasakpanjang, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menggelar salat Idul Fitri di Masjid Al-Barokah, Minggu (24/5/2020). Para jemaah terlihat mengenakan masker hingga membawa hand sanitizer dari rumah masing-masing sebagai upaya pencegahan penyebaran pandemi virus corona baru Covid-19.

Pantauan Suara.com, saf jemaah yang melaksanakan ibadah salat Ied terlihat hingga ke area lapangan dan parkir masjid. Selain menggunakan masker dan membawa hand sanitizer, pihak panitia juga menerapkan anjuran menjaga jarak fisik atau physical distancing yakni dengan memberi jarak saf sekira satu meter antara jemaah satu dengan lainnya.

Sementara itu, di area sudut-sudut masjid pihak panitia kegiatan salat Idul Fitri juga menyediakan saluran air mengalir dan sabun sebagai sarana untuk mencuci tangan para jemaah. Kemudian, beberapa spanduk bertuliskan pesan imbaun untuk mengenakan masker dan peringatan terhadap penyebaran pandemi Covid-19 terlihat pula terpasang di sudut area masjid.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memang telah bersepakat membolehkan masyarakat yang berada di wilayah zona hijau dan kuning Covid-19 untuk melaksanakan ibadah solat Idul Fitri di luar rumah.

Meski begitu, Ketua MUI Kabupaten Bogor KH Ahmad Mukri Aji menegaskan bahwa pelaksanaan ibadah solat Idul Fitri tersebut tetap harus menerapkan protokoler kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran pandemi Covid-19.

"Pelaksanaan salat Idul Fitri dapat dilaksanakan di luar rumah dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan di wilayah yang masyarakatnya homogen dan penyebaran virusnya terkendali, berdasarkan keterangan pihak berwenang," kata Ahmad seperti dikutip dari Antara Rabu (20/5) lalu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS