TKI Selamat dari Hukuman Mati, Ridwan Kamil: Welcome Home Ibu Etty

Husna Rahmayunita
TKI Selamat dari Hukuman Mati, Ridwan Kamil: Welcome Home Ibu Etty
Menaker, Ida Fauziyah, menjemput Etty di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (6/7/2020). (Dok : Kemnaker)

"Semua berkat kerja semua pihak, baik Kemlu, Kedubes RI di Riyad, urunan si Laznas NU & urunan PNS Pemprov Jabar," kata Ridwan Kamil.

SuaraJabar.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut menyambut baik vonis bebas yang diberikan kepada pekerja migran Indonesia (PMI), Etty binti Toyib.

Diketahui, Etty merupakan seorang PMI asal Majalengka, Jawa Barat yang pernah bekerja di Kota Taif, Arab Saudi.

Ia sempat tersandung kasus pembunuhan terhadap majikannya yang bernama Faisal bin Said Abdullah al-Ghamdi pada 2001.

Dalam persidangan, Etty didakwa telah meracuni majikannya hingga korban meninggal dunia. Akibat kejadian itu, ia divonis bersalah dan harus menjalani hukuman mati.

Hukuman tersebut diberikan berdasarkan Putusan Pengadilan Umum Thaif No. 75/17/8 tanggal 22/04/1424H (23/06/2003M) yang telah disahkan Mahkamah Banding dengan Nomor 307/Kho/2/1 tanggal 17/07/1428 dan telah disetujui Mahkamah Agung dengan Nomor 1938/4 tanggal 2/12/1429 H.

Kekinian setelah menjalani hukuman pernjara selama 18 tahun, Etty pun akhirnya bisa menghirup udara bebas dan kembali ke Tanah Air.

Pasalnya, Kementerian Ketenagakerjaan RI telah membayar tebusan senilai 4 juta riyal atau sekira Rp 15,5 miliar untuk membebaskan Etty dari jerat hukum.

Kabar dibebaskannya TKI tersebut menyita perhatian Ridwan Kamil yang turut mengungkap syukur dan rasa bahagianya.

Melalui akun Twitter pribadinya @ridwankamil, orang nomor satu di Jawa Barat itu memberikan ucapan selamat datang kepada Etty.

"Welcome Home ibu Etty Toyib. Tahun lalu sempat akan dieksekusi hukuman mati. Alhamdulillah kabar baik, Ibu Etty sudah bebas dan hari ini dijadwal kembali ke tanah air," tulis Ridwan Kamil seperti dikutip Suara.com, Selasa (7/7/2020).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS