Merinding! Mitos Sungai Ciwulan Tasikmalaya, Kerap Ada Mayat Mengambang

Rizki Nurmansyah
Merinding! Mitos Sungai Ciwulan Tasikmalaya, Kerap Ada Mayat Mengambang
Warga tampak tengah mengantre untuk melintasi jembatan gantung yang melintasi aliran Sungai Ciwulan Tasikmalaya, Jawa Barat. [Foto: Ayotasik.com]

"Mitos di sini memang di aliran sungai itu ada penunggunya yang kerap membantu mayat-mayat yang tengelam," ujar Jejen.

SuaraJabar.id - Bagi masyarakat Leuwibudah, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, penemuan sesosok mayat di sungai bukanlah sesuatu yang menggegerkan lagi.

Sudah tak terhitung di desa mereka kerap kali ditemukan mayat-mayat yang mengambang di sungai. Khususnya Sungai Ciwulan.

Manaf (54), warga setempat menuturkan, di aliran Sungai Ciwulan, tepatnya di bawah jembatan gantung desa Leuwibudah, kerap kali ditemukan mayat yang hanyut terbawa sungai.

Penemuan mayat yang mengambang seringkali dijumpai warga yang memancing ikan.

Saat dievakuasi, diketahui mayat tersebut yang jatuh dan terseret arus dari wilayah hulu.

"Kalau misalkan ada yang tenggelam di daerah hulu, pasti mencarinya di wilayah Leuwibudah. Itu sudah menjadi mitos dan cerita warga di Tasik," ujarnya.

"Jadi kalau ada yang tenggelam di wilayah Sungai Ciwulan, carinya di Sungai Ciwulan daerah Leuwibudah,“ ucap Manap kepada Ayotasik.com—jaringan Suara.com—pada Selasa (7/7/2020).

Ditambahkan Manaf, di bawah jembatan gantung, aliran air Sungai ciwulan saat tenang. Namun arus di bawahnya sangat kencang.

Saat aliran sungai surut, terlihat beberapa rongga atau cekungan di dasar aliran sungai.

"Airnya tenang, tapi arus di dalamnya deras. Saya sebagai warga di sini juga seringkali ada penemuan mayat di sini, kebanyakan mengambang," ucap Manap.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS